Trump Tegaskan Kembali Kontrol atas Partai Republik, Indikasikan Calonkan Diri untuk Pilpres 2024

Donald Trump mengecam kebijakan Presiden Joe Biden dan menegaskan kembali kepemimpinannya atas Partai Republik pada Konferensi Aksi Politik Konservatif (Conservative Political Action Conference, CPAC) di Florida pada hari Minggu (28/2).

Itu pidato besar pertamanya setelah meninggalkan jabatan.

Dia mengisyaratkan, tetapi tidak memastikan, bahwa dia akan mencalonkan diri lagi pada 2024.

Pada Konferensi Aksi Politik Konservatif, atau Conservative Political Action Conference (CPAC), di Florida pada hari Minggu, tidak diragukan lagi siapa yang dipuja oleh para peserta konferensi.

“Saya berada di sini untuk mendukung Presiden Trump sepenuhnya.

Dia adalah presiden terbaik dalam hidup saya,” komentar Henrietta Amey, salah seorang peserta konferensi dan pendukung Trump.

Acara tahunan itu, yang sebelumnya merupakan platform untuk menyoroti ide-ide konservatif, tahun ini terfokus pada Donald Trump.

Melawan tradisi para mantan presiden di Amerika yang menjauhi politik, Trump mengecam penggantinya, Presiden Joe Biden.

“Joe Biden menjalani bulan pertamanya yang paling menghancurkan oleh presiden mana pun dalam sejarah modern.

Benar demikian adanya.

Pemerintahan Biden telah membuktikan bahwa mereka anti-pekerjaan, anti-keluarga, anti-perbatasan, anti-energi, anti-perempuan dan anti-sains,” kata Trump.

Biden menghabiskan hari Minggu di gereja bersama keluarga di kota asalnya di negara bagian Delaware.

Gedung Putih telah mengesampingkan pidato Trump menjelang CPAC, seperti disampaikan oleh Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada para wartawan.

“Kami tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu di sini untuk fokus atau membicarakan Presiden Trump, mantan Presiden Trump,” jelas Jen Psaki.

Trump mengisyaratkan tetapi tidak mengonfirmasi bahwa dia akan mencalonkan diri lagi pada pemilihan presiden 2024.

Namun, dia jelas menyatakan bahwa dia bermaksud untuk mempertahankan kendali atas partai, meskipun dikritik oleh sebagian kalangan Republik karena perannya dalam menghasut kerusuhan 6 Januari.

Ribuan pendukungnya menyerbu gedung Capitol ketika anggota kongres mensertifikasi kemenangan Biden.

“Mereka terus mengatakan dia ((Trump)) akan membuat partai baru.

Kita memiliki Partai Republik.

Partai ini akan bersatu dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Saya tidak akan membuat partai baru,” jelasnya.

Trump mengulangi ancaman untuk menggulingkan para anggota kongres dari Partai Republik yang dia anggap tidak cukup setia, termasuk mereka yang memilih untuk memakzulkannya.

Trump tidak menyebut kerusuhan di gedung Capitol dan terus mengedepankan narasi salah bahwa dia memenangkan pemilihan presiden.

Hal ini akan memperdalam perpecahan di dalam partai dan mendorong orang-orang yang moderat untuk menjauh, kata Olivia Troye, direktur Republican Accountability Project (Proyek Akuntabilitas Republik).

“Mereka mencari kandidat yang lebih representatif untuk melakukan apa yang tepat untuk Amerika, bukan? Melakukan hal yang benar untuk negara, bekerja sama dengan Partai Demokrat, mengulurkan tangan kepada fraksi lain, bukan perpecahan dan kebencian beracun yang telah terjadi,” jelas Olivia.

Konferensi CPAC, biasanya diadakan di Washington, tetapi tahun ini diadakan di Florida, negara bagian dengan pembatasan COVID yang lebih longgar.

Banyak peserta konferensi tidak mematuhi protokol kesehatan.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Afrika Selatan tunda peluncuran vaksin COVID Johnson & Johnson

Afrika Selatan untuk sementara menunda peluncuran vaksin COVID-19 Johnson & Johnson, kata menteri kesehatan pada Selasa (13/4), setelah badan federal Amerika Serikat meminta penghentian...

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Imbal Hasil Treasury AS 10-Tahun Turun, Dolar Masih Konsolidasi

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit berubah pada 1,66% pada hari Kamis karena saham global terus diperdagangkan di sekitar tertinggi sepanjang masa dan investor...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502