Uni Eropa – Hunggaria Berselisih Soal Minyak Rusia

Harga minyak naik pada hari Kamis ini, memperpanjang reli dengan penuh hati-hati sepanjang minggu ini di tengah tanda-tanda pasokan yang ketat sementara Uni Eropa (UE) berselisih dengan Hongaria atas rencana untuk melarang impor dari Rusia, eksportir minyak mentah terbesar kedua di dunia, setelah menginvasi Ukraina. Harga mMinyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik tipis 7 sen, atau 0,1%, menjadi $ 114,10 per barel pada 08:42 WIB.Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli naik 22 sen, atau 0,2%, menjadi $ 110,55 per barel.

Terjadi penurunan pasokan yang lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah AS selama seminggu hingga 20 Mei. Hal ini terjadi setelah ekspor minyak melonjak sehingga mendorong harga pada perdagangan sebelumnya. Penurunan pasokan ini dan prospek embargo Uni Eropa pada minyak Rusia, menjadi semacam balasan atas apa yang disebut Moskow “operasi militer khusus” di Ukraina, sehingga mendorong harga lebih tinggi.

Anggota Dewan Eropa Charles Michel pada hari Rabu mengatakan dia yakin bahwa kesepakatan dapat dicapai sebelum pertemuan dewan berikutnya pada 30 Mei. Namun kabar lain menunjukkan bahwa Hongaria tetap menjadi batu sandungan bagi dukungan bulat yang diperlukan untuk sanksi UE. Hongaria mendesak sekitar 750 juta euro ($ 800 juta) untuk meningkatkan kilangnya dan memperluas pipa dari Kroasia untuk memungkinkannya beralih dari minyak Rusia. Baca selengkapnya

Bahkan tanpa larangan resmi, lebih sedikit minyak Rusia yang tersedia di pasar karena pembeli dan perusahaan perdagangan menghindari berurusan dengan pemasok minyak mentah dan bahan bakar dari negara tersebut. Mengutip data jumlah kargo dari pelabuhan Baltik yang menempuh perjalanan lebih lama ke kilang-kilang Asia, sementara pengiriman ke Belanda dan Prancis semuanya terhenti. Perkiraan peningkatan produksi minyak ke rekor tertinggi 5,2 juta barel per hari (bph) di Permian Basin, AS – tidak mungkin menutup kesenjangan 2 juta hingga 3 juta barel per hari dari hilangnya pasokan Rusia.

Namun, kenaikan pasar minyak minggu ini telah diredam oleh penguncian ketat COVID-19 yang meningkatkan kekhawatiran tentang penurunan permintaan bahan bakar di China, importir minyak terbesar dunia, dan kekhawatiran tentang inflasi yang menyebabkan pertumbuhan global lebih lambat.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.