Upaya Rebound Dolar Dan Tinggalkan ‘Rongrongan’ Obligasi

Dolar sedikit menguat di awal sesi perdagangan Eropa, masih didukung oleh penjualan ritel yang kuat dan data pasar tenaga kerja yang positif pada hari Kamis. Namun, dolar masih mencatat penurunan untuk mengakhiri minggu, setelah penurunan imbal hasil obligasi membuat mata uang lain relatif lebih menarik.

Berbagai laporan menunjukkan bahwa partisipan institusional besar seperti dana lindung nilai makro global telah menutup posisi pendek di pasar obligasi AS minggu ini. Setelah diyakinkan bahwa Federal Reserve tidak akan terburu-buru dalam pengetatan kebijakan moneter dengan lonjakan inflasi selama beberapa bulan berikutnya. Kenaikan itu sama baiknya dengan jaminan, karena jatuhnya harga minyak pada musim semi 2020, yang menciptakan efek dasar yang sangat besar pada tarif tahunan.

Euro telah diuntungkan karena perbedaan imbal hasil yang telah menyempit – paling tidak karena penurunan imbal hasil obligasi telah seiring dengan tanda-tanda rebound ekonomi AS yang kuat yang akan mendukung ekonomi Eropa yang sensitif dengan ekspor. Efek dasar juga terlihat dalam peningkatan 63% tahunan dalam penjualan mobil Eropa di bulan Maret.

Sebelumnya, yuan Tiongkok sebagian besar tidak tergerak oleh data produk domestik bruto kuartal pertama yang menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh sedikit di bawah perkiraan. Pertumbuhan per kuartal melambat menjadi 0,6% dari 2,6% pada kuartal keempat tahun 2020. Dolar naik 0,1% terhadap yuan luar negeri menjadi 6,5310 tetapi masih turun 0,4% pada minggu ini.

Berita tersebut juga sedikit melemahkan dolar Australia dan Selandia Baru, tetapi ini juga telah membuat kenaikan yang kuat terhadap greenback minggu ini.

Jumat malam, Departemen Keuangan AS akan merilis laporan terbaru tentang manipulasi mata uang. Laporan tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai kesempatan untuk menandai diakhirinya kebijakan pemerintah sebelumnya yang membicarakan mata uang untuk mempersempit defisit perdagangan AS.

Dalam konteks ini, berbagai laporan menunjukkan bahwa China tidak akan terdaftar sebagai manipulator mata uang, tetapi Taiwan – yang cadangan devisanya meningkat tajam pada tahun lalu untuk menghentikan apresiasi TWD yang tidak semestinya – akan terdaftar.

Rubel Rusia juga mengakhiri minggu ini dengan catatan yang kuat. Rubble naik 0,5% terhadap dolar ke level 75,91 setelah putaran baru sanksi AS ternyata kurang menghukum daripada yang dikhawatirkan. Meskipun investor AS akan dilarang membeli utang negara Rusia di pasar perdana, mereka masih akan diizinkan untuk menggunakan pasar sekunder.

Hal sebaliknya berlaku untuk lira Turki, yang berada di bawah tekanan lagi setelah gubernur bank sentral yang baru memutuskan untuk membatalkan janji pendahulunya untuk mempertahankan suku bunga tinggi dalam jangka waktu yang lama untuk menurunkan inflasi. Dolar naik 1,0% terhadap lira menjadi 8,0872.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Iran Siap Kerja Sama Dengan IAEA, Harga Minyak Makin Kuat

JAVAFX - Presiden Iran mengatakan bangsa mereka mungkin mempertimbangkan untuk memperluas kerjasama dengan the International Atomic Energy Agency (Badan Energi Atom Internasional ) untuk...

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

India Siap Borong Minyak Arab Saudi Kembali

JAVAFX - Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan pada hari Jumat (07/05/2021) berterima kasih kepada Arab Saudi dan produsen minyak Timur Tengah lainnya karena telah...

Bursa Eropa Di Buka Memerah Ikuti Wall Street

Bursa Eropa di buka memerah juga mengikuti memerahnya bursa Asia dan Wall Street. Memerahnya bursa Wall Street karena ancaman meningkatnya inflasi yang membuat terjadinya...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502