Yen dan Franc Menguat Karena Meningkatnya Perang Dagang Picu Permintaan Safe Haven

JAVAFX – Yen Jepang dan Franc Swiss menyentuh level terkuat lebih dari empat bulan terhadap dolar AS pada hari Senin karena meningkatnya ketegangan perang dagang memicu permintaan investor terhadap aset aman resiko atau safe haven. Dengan isu-isu perdagangan yang tetap memanas, selera resiko investo telah berkurang oleh kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang dapat memicu permintaan untuk utang pemerintah dan memicu aksi jual saham.

Franc Swiss menguat 0,3% terhadap dolar AS ke level 0.9975 dan yen Jepang menguat 0,15% terhadap dolar AS ke level 108.15 pada sesi perdagangan Asia hari Senin. Yen dianggap sebagai safe haven di saat kekacauan geopolitik dan kekhawatiran resesi finansial karena Jepang dianggap sebagai negara kreditur terbesar di dunia.

Gold Trading

Sementara itu dolar AS kembali tertekan melemah. Indeks dolar AS pagi ini turun ke level 97.60 dari level pembukaan tadi pagi 97.65. Kini pelaku pasar masih terus mengamati perkembangan terbaru dari perang dagang yang bisa menjadi penggerak pasar di sesi selanjutnya.