Yen Sempat Menguat Pasca Prospek Ekonomi Jepang Positif

Bank Sentral Jepang (BOJ) telah mengeluarkan penilaian positif mengenai prospek ekonomi Jepang. Sekalipun BOJ mempertahankan kebijakan moneter ultra longgarnya setelah pertemuan dewan kebijakan moneter selama dua hari ini, namun BOJ menyatakan ekonomi sedang berjuang meningkatkan ekspor dan produksi di tengah perlambatan ekonomi. Hal ini di nilai positif sehingga Yen menguat terhadap dolar AS sehingga USDJPY melemah dari level 111.759 ke level 111.473.

Gold Trading

Dalam Konferensi Pers BOJ, Kuroda mengatakan bahwa perlambatan ekonomi global terus semakin kuat menekan ekspor, produksi dan ekonomi Jepang. Namun pernyataannya tidak lagi terlalu menggerakkan pasar. USDJPY bergerak terkonsolidasi antara level 111.600-111.700. Para pelaku pasar masih menunggu pernyataan Kuroda di pertemuan puncak B20 di Tokyo sehingga mengambil sikap wait and see hingga Kuroda memberikan pernyataannya jam 16.00 WIB.

Secara teknikal, USDJPY diprediksi cenderung naik menuju resisten satu pada level 111.951 hingga resisten dua pada level 112.241.