Yen Terus Tergusur Oleh Greenback

JAVAFX – Yen terus tergusur oleh greenback pada perdagangan pasar uang Asia Pasifik hingga jelang siang hari ini, di mana kondisi ini dipengaruhi oleh aksi investor yang tidak puas dengan kebijakan bank sentral Jepang yang tidak akan segera melakukan normalisasi kebijakan moneternya.

Sejauh ini USDJPY untuk sementara berada di level 109,50 dimana yen bergerak melemah untuk sementara ini. Untuk AUDUSD untuk sementara berada di level 0,7435 dimana dolar Australia melemah sementara ini terhadap dolar AS. Untuk yuan, atau USDCNY untuk sementara bergerak di level 6,3711 dimana yuan sementara melemah terhadap dolar AS.

Dalam keputusan yang terakhir, bank sentral Jepang, BoJ, tidak akan segera melakukan normalisasi kebijakan moneternya mengikuti pergerakan kebijakan moneter the Fed yang terus menormalisasi kebijakan moneternya dengan cara menaikkan suku bunganya. BoJ masih memberikan paket bantuan ekonominya serta tetap akan mempertahankan suku bunganya di level yang rendah dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Namun target BoJ sendiri berdasar Abenomics, memang masih cukup sulit mengejar target inflasi 2%, sehingga momentum penguatan yen sendiri menunggu situasi seperti kondisi ketegangan perang dagang AS dengan China ataupun dengan keputusan seperti yang dilakukan Trump yang beberapa bulan lalu ingin agar dolar melemah.

Sisi non-ekonomi memang masih bisa mendukung yen, namun hari ini meski Presiden Trump telah menyatakan menarik diri dari perjanjian nuklir Iran 2015, namun yen sendiri masih tertekan oleh greenback. Pasar sadar bahwa potensi embargo Iran tidak akan memberi dampak yang besar ke perekonomian dunia.
Pasar tampaknya lebih percaya faktor ekonomi AS yang mempunyai kinerja yang solid untuk memberi jalan kenaikan suku bunganya pada pertemuan bulan depan, telah berhasil menampilkan sentimen beli dolar yang berlanjut.

Penulis: Adhi Gunadhi
Sumber Berita: Reuters, Bloomberg, Investing, Javafx, Forexfactory, Dailyfx
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.