Yield Treasury Dorong Penguatan Dólar, Mata Uang Utama Lanjutkan Koreksi

Dolar AS pertahankan kenaikan pada sesi Asia hari Jumat setelah rebound semalam dari posisi terendah   menyusul lonjakan imbal hasil (yield) obligasi AS. Yen, yang cenderung melemah ketika imbal hasil AS naik, turun ke level terendah enam bulan terhadap greenback.

Obligasi pemerintah, dan khususnya Departemen Keuangan AS, telah menjadi titik fokus pasar secara global, yang secara agresif telah bergerak ke harga dalam pengetatan moneter sebelumnya daripada yang diisyaratkan oleh Federal Reserve dan rekan-rekannya. Penurunan yen terjadi bahkan di tengah aksi jual saham, karena lonjakan imbal hasil memicu kekhawatiran inflasi. Yen dan dolar adalah mata uang safe haven.

Pasar negara berkembang dan mata uang terkait komoditas terkoreksi turun, dengan dolar Australia dan Kanada mundur dari level tertinggi tiga tahun. Cryptocurrency juga jatuh, dengan bitcoin meluncur 5% semalam dan Ether turun 9%.

“Kekalahan pendapatan tetap bergeser ke fase yang lebih mematikan untuk aset berisiko,” setelah awalnya ditafsirkan sebagai “kisah meningkatkan ekspektasi pertumbuhan,” tulis ahli strategi Westpac dalam catatan klien.

“Tampaknya kasus pasar obligasi ‘mengambil’ pandangan dunia bank sentral, dan berdiri di depan momentum saat ini tidak bijaksana.” Imbal hasil obligasi telah naik tahun ini karena prospek stimulus fiskal besar-besaran di tengah kebijakan moneter yang sangat lunak, yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Percepatan laju vaksinasi secara global juga telah mendukung apa yang kemudian dikenal sebagai perdagangan reflasi, mengacu pada taruhan pada peningkatan aktivitas ekonomi dan harga.

Namun dalam beberapa hari terakhir, kenaikan imbal hasil obligasi yang disesuaikan dengan inflasi telah dipercepat, menunjukkan keyakinan yang berkembang bahwa bank sentral mungkin perlu mengurangi kebijakan ultra-longgar, meskipun retorika dovish mereka.

Hasil benchmark Treasury 10-tahun melonjak di atas 1,6% semalam untuk pertama kalinya dalam setahun, setelah lelang $ 62 miliar dari catatan 7-tahun dipenuhi dengan permintaan yang lemah. Indeks dolar naik tipis menjadi 90,381, bertahan pada kenaikan 0,2% dari Kamis, ketika rebound dari kerugian sebanyak 0,26% sebelum tender obligasi.

Greenback pertahankan posisinya pada 106,2 yen setelah sebelumnya menyentuh 106,43 untuk pertama kalinya sejak September. Ini telah menguat 2,8% setelah kenaikan bulanan berturut-turut pertama sejak pertengahan 2018, menempatkan yen di antara mata uang utama berkinerja terburuk tahun ini.

Dolar Australia melanjutkan penurunannya setelah menyentuh $ 0,80 pada hari Kamis untuk pertama kalinya sejak Februari 2018, turun 0,2% menjadi 0,78525. Dolar Kanada melemah ke C $ 1,2613 setelah jatuh dari puncak tiga tahun ke greenback di C $ 1,2468 semalam. Euro melemah 0,1% menjadi $ 1,2158 setelah menyentuh tertinggi tujuh minggu di $ 1,22435 pada hari Kamis.

Penurunan mata uang utama bahkan terus berlanjut lebih deras pada Jumat disesi Asia.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

GDP Tiongkok Di Prediksi Naik, Hang Seng Berpotensi Menguat ke Level 29385

Besok pagi jam 09.00 wib, Tiongkok akan merilis data GDP di kuartal kedua di tahun 2021 setelah sebelumnya di kuartal pertama pada bulan Januari...

Belgia tunda pemberian vaksin COVID Johnson & Johnson

Belgia menunda pemberian vaksin COVID-19 Johnson & Johnson atas permintaan perusahaan tersebut, demikian pernyataan pemerintah pada Rabu (14/4). Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) berharap dapat...

Presiden Biden dan PM Suga rancang persatuan hadapi ketegasan China

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Jumat (16/4) berusaha menghadirkan kekuatan persatuan dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga untuk melawan China yang semakin memperlihatkan...

Sterling Loss 2,5% Terhadap Euro Sebelum Berakhirnya Lockdown.

Nilai tukar Pound Sterling turun secara keseluruhan selama seminggu terakhir, terutama terhadap Euro dan Dolar dengan GBPEUR melihat posisi terendah 1,1480 dan GBPUSD serendah...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502