4 Minggu Turun Beruntun, Emas Di Zon Bahaya

Harga emas di bursa berjangka Comex untuk kontrak bulan Juni 2022 yang teraktif, ditetapkan pada $1810,30 dengan memperhitungkan penurunan harian sebesar $14,30 atau 0,78%. Penurunan harga emas hari Jumat (13/05/2022) terjadi setelah gagal memanfaatkan penurunan dolar AS. Indeks dolar turun 0,36% dan saat ini tetap di 104,515. Pelemahan dolar AS hanya dapat dimanfaatkan dengan memberikan penarik ringan kenaikan harga emas sebesar $3,60 (+0,20%).

Pada Senin, 18 April sebelumnya – harga emas dibuka pada $ 1977 dan ini menandai awal dari empat penurunan mingguan berturut-turut. Penurunan minggu ini adalah persentase penarikan terkuat dari empat minggu kehilangan 3,87%. Mengingat selama empat minggu terakhir nilai emas mengalami penurunan sebesar 8,44%, hampir separuh dari penurunan tersebut terjadi pada minggu ini. Koreksi ini mendevaluasi harga emas sebesar $167 per ounce, dimana penurunan minggu ini saja tercatat sebesar $73.

Selama empat minggu terakhir, faktor utama yang menekan harga emas lebih rendah adalah penguatan dolar. Dolar telah memperoleh nilai selama enam minggu terakhir berturut-turut. Selama empat minggu perdagangan terakhir, nilai dolar AS telah naik 4,15%. Ini berarti penguatan dolar AS menyumbang kurang dari setengah penurunan harga emas.

Dolar AS diperdagangkan dalam kisaran yang ditentukan sejak awal 2017. Pada Januari 2017 indeks dolar dibuka di 102,80 dan diperdagangkan ke level tertinggi 103,78 menjadi contoh pertama penguatan dolar pada level ini sejak 2003. Sejak 2017 dolar indeks telah diperdagangkan ke level ini pada tiga kesempatan.

Baik posisi puncak 2017 maupun instance kedua yang terjadi pada Maret 2020 menciptakan double top. Dalam kedua kasus, penguatan dolar AS memuncak pada level ini menghasilkan koreksi harga emas yang mengikuti puncak ini. Bulan ini dolar tidak hanya menantang level tertinggi yang tercipta selama double top tetapi secara efektif ditutup di atasnya pada rata-rata pergerakan harian, mingguan, dan bulanan. Indeks dolar turun hari ini sebesar -0,36%. Namun, dolar memiliki kenaikan mingguan yang kuat. Saat ini, indeks dolar ditetapkan pada 104,515 dan terakhir kali dolar sekuat ini adalah kuartal keempat tahun 2002.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.