China Siap Longgarkan Penguncian, Harga Minyak Melonjak

Harga minyak naik sekitar 4% pada perdagangan di hari Jumat (13/05/2022) karena harga bensin di AS melonjak ke rekor tertinggi. Sementara China juga tampak siap untuk melonggarkan pembatasan pandemi hal ini membuat prospek kenaikan permintaan terbuka. Pun demikian, investor masih khawatirkan soal pasokan yang akan mengetat jika Uni Eropa melarang minyak Rusia. gangan sepekan kemarin, harga minyak mentah mengalami tekanan karena penguatan Dolar AS, inflasi dan kenaikan suku bunga.

Harga minyak mentah Brent di bursa berjangka AS naik $4,10, atau 3,8%, menetap di $111,55 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS sendiri naik $ 4,36, atau 4,1%, menetap di $ 110,49. Catatan penutupan ini merupakan harga yang paling tinggi bagi minyak mentah AS sejak 25 Maret dan kenaikan mingguan ketiga berturut-turut. Brent sendiri tercatat jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga minggu.

Harga Bensin di bursa berjangka AS melonjak ke level tertinggi sepanjang masa setelah stok turun minggu lalu selama enam minggu berturut-turut. Itu mendorong penyebaran retakan bensin – ukuran margin keuntungan pemurnian – ke level tertinggi sejak mencapai rekor pada April 2020 ketika WTI selesai di wilayah negatif. Dorongan kenaikan adalah belum ada peningkatan penyimpanan bensin AS sejak Maret, sementara ​​permintaan bensin siap melonjak ketika musim panas dimulai pada liburan akhir pekan Memorial Day AS.

Klub mobil AAA mengatakan harga AS di SPBU naik ke rekor tertinggi pada hari Jumat sebesar $4,43 per galon untuk bensin dan $5,56 untuk diesel.

Harga minyak telah bergejolak, didukung oleh kekhawatiran kemungkinan larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dapat memperketat pasokan tetapi ditekan oleh kekhawatiran bahwa pandemi COVID-19 yang bangkit kembali dapat memangkas permintaan global. Jika embargo minyak Rusia oleh Uni Eropa ini dilakukan sepenuhnya, dapat membuat sekitar 3 juta barel per hari (barel per hari) minyak Rusia offline, yang akan benar-benar mengganggu, dan pada akhirnya menggeser arus perdagangan global, memicu kepanikan pasar dan volatilitas harga yang ekstrem. Dalam minggu ini, Moskow melakukan aksi balasan dengan menjatuhkan sanksi pada beberapa perusahaan energi Eropa, menyebabkan kekhawatiran tentang pasokan.

Sementara itu, pihak berwenang China berjanji untuk mendukung ekonomi dan pejabat kota mengatakan Shanghai akan mulai melonggarkan pembatasan lalu lintas virus corona dan membuka toko bulan ini. Kabar ini membuat keyakinan pasar menguat dan mendorong kenaikan harga minyak mentah.

Uni Eropa sendiri mengatakan ada kemajuan yang cukup untuk meluncurkan kembali negosiasi nuklir dengan Iran. AS mengatakan menghargai upaya UE tetapi mengatakan belum ada kesepakatan dan tidak ada kepastian bahwa itu mungkin tercapai. Kesepakatan dengan Iran dapat menambah 1 juta barel per hari pasokan minyak ke pasar.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.