Analisa SWOT, Harga Emas Bisa Mencapai $2500 Di Bulan Mei

JAVAFX – Frank E. Holmes dari US Funds memberikan analisa SWOT untuk pergerakan harga emas mendatang.

Strenght

Harga emas berkinerja baik minggu ini, menuju kenaikan mingguan terbesar sejak 2008. Derek Sammann, direktur pelaksana ME Group, mengatakan bahwa “saat ini kondisi pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menyebabkan meningkatnya permintaan untuk kebutuhan pengiriman yang lebih luas di seluruh dunia”.

Emas memiliki keuntungan dua hari terbaik sejak 2016 pada hari Senin, naik 3,8 persen sejak Kamis lalu, setelah The Fed mengumumkan gelombang inisiatif kedua yang sangat besar untuk mendukung ekonomi A.S. Ole Hansen, dari Saxo Bank, mengatakan “ini adalah pesan yang sangat agresif yang dibuat oleh The Fed” dan merupakan bantuan yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk aset berisiko dan aset emas, yang baru-baru ini menderita akibat deleveraging.

Kerusakan ekonomi yang diperkirakan dari virus ini telah meningkatkan daya tarik emas sebagai asset safe haven.

Weakness

Perdagangan emas berjangka di level tertinggi secarar relatif terhadap harga spot sejak 1980. Emas hanya naik 8,64 %, di tengah krisis pasokan. Gangguan logistik menyebabkan perbedaan besar harga emas AS dan London. Kontrak untuk pengiriman di New York diperdagangkan dengan premi $ 60 ke London – premi tertinggi sejak 1980-an.

Bloomberg melaporkan bahwa sebagian besar bank dan pedagang mengirimkan emas ke seluruh dunia dengan penerbangan komersial. Tetapi dengan sebagian besar penerbangan dibatalkan dan kilang ditutup karena terkunci, menjadi lebih sulit untuk membeli dan menjual logam.

Pengilangan emas Metalor di Singapura beroperasi dengan kapasitas yang jauh berkurang karena kekurangan tenaga kerja. Ada perintah kontrol gerakan di Malaysia tempat banyak pekerja tinggal. Pusat penyulingan emas Swiss, yang terbesar di Eropa, menghentikan produksi.

Ludwig Karl, anggota dewan Swiss Gold Safe, operator brankas keamanan tinggi, mengatakan, “Benar-benar gila apa yang sedang terjadi. Saat ini, jika seseorang ingin membeli emas, saya berharap yang terbaik untuk menemukannya. Sebagian besar dealer bullion ditutup. ”

India memperkirakan bahwa total pembelian perhiasan emas di India akan turun 30 persen pada tahun 2020. Permintaan telah terpukul selama berbulan-bulan karena harga domestik yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang lambat. Tetapi sekarang dengan ancaman virus yang ditambahkan dan seluruh daerah di kuncian, permintaan bisa jatuh ke level terendah sejak 1995. Terkunci akan mencegah toko emas dari pembukaan dan penurunan rupee menjaga harga emas lokal naik, lapor Bloomberg.

Opportunities

Emas dapat mencapai $ 2.500 per ons pada kuartal ketiga karena stimulus Fed, kata analis B Riley FBR , Adam Graf dalam minggu ini. “Terlepas dari berapa lama lagi kondisi resesi akan berlanjut dan seberapa jauh pasar ekuitas umum akan mundur, kebijakan moneter dan stimulus fiskal yang berlaku pada basis global akan memiliki dampak.” Graf meningkatkan Royal Gold untuk membeli dari netral dan merekomendasikan agar investor kelebihan emas dan ekuitas emas, lapor Bloomberg.

Goldman Sachs Group mengatakan emas batangan berada pada titik belok dan sekarang saatnya untuk membeli karena logam memperpanjang reli pada gelombang baru langkah-langkah stimulus. Goldman mengatakan langkah Fed akan membantu mengurangi tekanan pendanaan yang telah mendorong emas lebih rendah dan bahwa investor sekarang akan berporos untuk fokus pada perluasan neraca keuangannya, seperti yang terjadi pada 2008, lapor Bloomberg. AS akhirnya melewati paket stimulus $ 2,2 triliun pada hari Jumat – meningkatkan defisit lebih jauh.

Terakhir, para analis menyoroti peningkatan defisit ekonomi negara maju dan bagaimana “ini akan mengarah pada masalah penurunan nilai yang serupa dengan periode Krisis Keuangan Global pasca-krisis.”

Sementara volume yang diproduksi mungkin turun pada tahun 2020 karena terkunci, margin untuk penambang emas mungkin lebih baik, tulis Michael McCrae dari Kitco News. Sepertiga dari penambang emas senior yang terdaftar di NYSE telah menarik pedoman produksi 2020 karena semakin banyak ranjau diambil offline. Meskipun kemunduran ini bisa negatif, para penambang sebenarnya dalam kondisi yang baik untuk menghadapi penurunan, terutama dengan harga minyak serendah mereka. Selain itu, penambang emas “diuangkan” karena emas berkinerja baik di 2019.

Treat

Kilang Rand di Afrika Selatan akan beroperasi dengan kapasitas yang dikurangi selama lockdown 21 hari di negara itu. Jika kilang harus melakukan shutdown total, itu akan memiliki efek domino pada produksi di seluruh benua. Dengan penutupan kilang, tambang akan menimbun emas yang ditambang di permukaan, yang akan menciptakan risiko keamanan yang meningkat.

Kepemilikan Obligasi AS oleh bank sentral asing yang ditahan di New York Fed turun $ 31 miliar ke level terendah dua tahun $ 2,9 triliun pada pekan yang berakhir 18 Maret. Bloomberg melaporkan bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh negara-negara Timur Tengah yang meningkatkan uang tunai untuk menyeimbangkan anggaran mereka karena harga minyak anjlok. Dengan harga minyak yang rendah, Presiden Trump tidak dapat mengandalkan bank sentral asing untuk membeli lebih banyak Obligasi AS”.

Presiden Trump mengatakan bahwa dia ingin ekonomi AS “dibuka kembali” pada hari Paskah, tetapi itu bisa berakhir dengan konsekuensi kesehatan dan ekonomi yang parah setelah baru-baru ini menerapkan kebijakan dan penutupan jarak sosial yang ketat. Presiden, dan lainnya, khawatir bahwa konsekuensi ekonomi dari penutupan yang begitu lama akan parah, tetapi jumlah nyawa yang bisa hilang jika virus terus menyebar dengan cepat juga akan parah.

AS menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak minggu ini. Hampir setengah dari semua orang Amerika telah diperintahkan untuk tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan yang lain dan masing-masing negara bagian secara individual menentukan langkah-langkah kuncian.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Dolar Didera Penantian, Pasar Mencari Inspirasi Dari Powell

Dolar sentuh level tertinggi tujuh bulan terhadap yen Kamis, imbas kenaikan yield Treasury AS menjelang pidato Ketua Federal Reserve.

Biden serukan negara-negara bagian prioritaskan vaksin bagi para guru

Presiden Joe Biden, pada Selasa (2/3) menyerukan agar negara-negara bagian di Amerika Serikat memprioritaskan vaksinasi COVID-19 terhadap para guru untuk memastikan agar anak-anak dapat...

Biden akan minta pertanggungjawaban Saudi atas pelanggaran HAM

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Arab Saudi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diungkapkan Biden saat...

Perusahaan Merck Bersedia Bantu Produksi Vaksin Johnson & Johnson

Raksasa perusahaan farmasi AS, Merck bersedia membantu pesaingnya Johnson & Johnson dalam pembuatan vaksin virus corona agar dapat mempercepat produksi jutaan vaksin baru dengan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502