Apa Tanggapan IMF Mengenai Pandemi Corona

JAVAFX – Dana Moneter Internasional atau The International Monetary Fund dengan segera akan mengadakan pertemuan luar biasa dari komite pengarahnya pada hari Jumat untuk membahas tanggapan IMF terhadap pandemi virus corona yang menyebar dengan cepat.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva pada hari Kamis meminta para pemimpin G20 untuk mendukung dua kali lipat dari $50 miliar dalam pembiayaan darurat yang telah disediakan IMF untuk membantu negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah menangani dampak kesehatan dan ekonomi dari pandemi.

Gold Trading

Dia juga meminta para pemimpin G20 untuk meningkatkan likuiditas global melalui alokasi SDR (Special Drawing Right) yang cukup besar, seperti yang dilakukan selama krisis keuangan 2008-2009, serta perluasan penggunaan fasilitas tipe swap di IMF.

Para pemimpin G20 mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menghadirkan sebuah front persatuan melawan pandemi virus corona dengan sebutan sebagai “prioritas absolut” untuk menangani dampak kesehatan, sosial dan ekonomi.

Selama konferensi video ekonomi utama dunia, para pemimpin mengatakan mereka berkomitmen untuk memulihkan kepercayaan, menjaga stabilitas keuangan dan menghidupkan kembali pertumbuhan perekonomian global.

Mereka juga berkomitmen untuk menyelesaikan gangguan pada rantai pasokan global dan meminta menteri keuangan dan gubernur bank sentral untuk berkoordinasi secara teratur secara bersama-sama dan dengan organisasi internasional untuk mengembangkan rencana aksi dalam menanggapi pandemic corona yang terus meluas hingga ke seluruh dunia.