AS Ingin Perdalam Hubungan dengan Taiwan di Tengah Ketegangan dengan China

AS ingin memperdalam hubungannya dengan Taiwan, pulau berpemerintahan sendiri yang menjadi titik konflik besar dalam hubungan AS-China yang tegang.

AS juga akan bekerja untuk melawan pengaruh “jahat” Beijing, kata seorang pejabat AS, Jumat (29/10).

Dalam konferensi pers pertamanya, Sandra Oudkirk, Direktur Baru American Institute in Taiwan (AIT), yang merupakan kedutaan de facto, menegaskan kembali sikap resmi bahwa AS akan tetap berkomitmen kuat terhadap Taiwan dan secara aktif bekerja pada bidang-bidang kerja sama baru seperti keamanan siber dan rantai pasokan.

“Nilai kemitraan kami dan dukungan kami bagi Taiwan sangat kokoh,” kata Oudkirk.

“Kami berkomitmen untuk memperdalam hubungan kami dengan Taiwan.” Dukungan AS bagi Taiwan muncul sewaktu ketegangan antara China dan Taiwan kini mencapai tingkat tertinggi dalam beberapa dekade.

Beijing meningkatkan gangguan oleh militernya dengan menerbangkan pesawat-pesawat tempur ke Taiwan.

China tidak mengesampingkan kekuatan untuk menyatukan kembali Taiwan, yang memisahkan diri dari China daratan semasa perang saudara pada tahun 1949.

AS mengalihkan pengakuan diplomatiknya dari pemerintah Partai Nasionalis yang berkuasa di Taipei ke pemerintah Partai Komunis di Beijing pada tahun 1979 tetapi terus mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan pulau berpemerintahan sendiri itu.

Oudkirk menolak mengomentari prakarsa keamanan apapun atau memberikan rincian mengenai kehadiran pasukan AS di pulau itu, setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengukuhkan pada hari Kamis bahwa tentara AS berada di sana, meskipun jumlahnya lebih sedikit daripada yang dipikirkan orang-orang.

“Kami akan terus memajukan tujuan global dan regional dari pemerintahan Biden, termasuk menangkis pengaruh jahat China, pemulihan dari dampak pandemi yang sangat merusak dan mengatasi ancaman perubahan iklim,” kata Oudkirk.

Washington telah mendukung Taiwan dengan penjualan senjata untuk meningkatkan kemampuan pulau itu dalam mempertahankan diri, dan juga secara rutin berlayar di perairan sekitar pulau itu dalam apa yang disebutnya sebagai kebebasan gerakan beroperasi.

Oudkirk, yang diangkat sebagai direktur pada musim panas lalu, juga mengukuhkan bahwa AS akan mendukung Taiwan dalam perannya di panggung internasional, tanpa memberikan rinciannya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.