Biden Dijadwalkan Berbicara Soal Penarikan Militer AS di Afghanistan

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan berbicara hari Kamis (8/7) mengenai penarikan militer AS di Afghanistan, yang menghadapi kritik di tengah-tengah gerak maju pasukan Taliban.

Pidato Biden akan disampaikan setelah ia dan Wakil Presiden Kamala Harris bertemu dengan para pemimpin keamanan nasional untuk mengetahui kabar terbaru mengenai penarikan itu.

Hari Selasa, militer AS mengumumkan bahwa proses penarikan telah lebih dari 90 persen tuntas.

Para pejabat telah menyatakan bahwa keseluruhan proses diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus.

Pasukan NATO juga akan mengikuti tindakan serupa, dan sebagian besar dari mereka telah meninggalkan Afghanistan.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan kepada wartawan hari Rabu (7/7) bahwa AS mendukung perundingan diplomatik untuk menyelesaikan konflik di Afghanistan, dan bahwa setelah penarikan militer, AS berniat untuk tetap memiliki kehadiran diplomatik dan bantuan kemanusiaan di negara itu.

“Salah satu alasan presiden membuat keputusan itu adalah karena ia merasa tidak ada solusi militer bagi perang 20 tahun ini,” kata Psaki.

Pasukan Taliban telah membuat kemajuan dengan merebut banyak wilayah secara cepat di berbagai penjuru Afghanistan sejak 1 Mei, ketika AS dan sekutu-sekutu NATO secara resmi memulai penarikan pasukan terakhir mereka yang masih tersisa di negara itu.

Pemberontak telah merebut sedikitnya 150 dari 400 lebih distrik di Afghanistan.

Sementara itu pihak berwenang di Afghanistan, Rabu (7/7) mengatakan pasukan propemerintah telah mendorong mundur pemberontak Taliban dari beberapa wilayah sebuah kota di barat laut dan merebut kembali bangunan-bangunan pemerintah setelah bentrokan sengit berjam-jam.

Pertempuran meletus di beberapa bagian kota Qala-e-Naw, ibu kota provinsi Badghis, setelah Taliban menyerangnya semalam dari berbagai penjuru.

Warga dan pejabat mengatakan pemberontak sempat menerobos masuk kota itu, merebut beberapa instalasi keamanan ponting, termasuk markas besar kepolisian provinsi, dan membebaskan sekitar 600 narapidana dari penjara pusat.

Rekaman video yang dirilis Taliban memperlihatkan para tahanan melarikan diri dari fasilitas itu dan pasukan pemberontak yang mengendarai sepeda motor bergerak masuk ke berbagai wilayah kota.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.