Biden Peringatkan Putin Terkait Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui pembicaraan telepon, Selasa (12/4), bahwa AS prihatin dengan “penumpukan militer secara tiba-tiba” oleh Moskow di sepanjang perbatasan dengan Ukraina dan Krimea yang telah dianeksasi Rusia.

Mengutip ringkasan percakapan kedua pemimpin, Gedung Putih mengatakan, Biden meminta Rusia untuk “mengurangi ketegangan.” “Presiden Biden menekankan komitmen teguh Amerika pada “kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina,” kata Gedung Putih, tetapi tidak memberikan penilaian atas reaksi Putin terhadap pernyataan pemimpin Amerika tersebut.

Rusia mencaplok Semenanjung Krimea, Ukraina pada 2014.

AS dan negara-negara sekutu mengutuk pencaplokan itu tetapi tidak melakukan apa pun untuk menghalanginya.

Sejak itu separatis yang didukung oleh Rusia di wilayah Donetsk timur, Ukraina, telah melawan pasukan Kiev, dengan pertempuran kecil-kecilan yang berkobar secara berkala, dan terkadang berlangsung intensif.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan sekitar 13 ribu orang telah tewas dalam pertempuran di Ukraina, sekitar seperempat dari mereka adalah warga sipil.

AS memperkirakan bahwa Rusia baru-baru ini mengumpulkan sekitar 4.000 tentara di dekat perbatasan dengan Ukraina, yang bisa dianggap sebagai ujian awal tentang bagaimana Biden akan menanggapi tantangan urusan luar negeri.

Awal bulan ini, Biden berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, sementara para pejabat Amerika dan Ukraina lainnya juga membahas penumpukan militer Rusia.

Kremlin mengatakan Putin menjelaskan pandangannya tentang Ukraina kepada Biden, tetapi tidak memberikan informasi secara rinci.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Saat Pasar Fokus Pada Inflasi, Dolar AS Tertahan Retorika Fed

Dolar AS tidak dapat berbuat banyak, dan harus ikhas tertahan tidak jauh dari level terendah tahun ini atas masih setianya para pelaku pasar terhadap Federal Reserve yang akan tetap teguh pada pengaturan kebijakan yang kendur menjelang data inflasi tahunan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan tajam.

Ketua DPR Optimistis dengan RUU Infrastruktur Biden

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, Rabu (12/5), memuji pertemuan antara para pejabat Gedung Putih dan para wali kota dari Los Angeles, Kansas...

Biden yakin konflik Israel-Palestina segera berakhir

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Rabu (12/5) menyampaikan harapannya agar rentetan kekerasan antara Israel dan Palestina akan segera berakhir. Harapan itu ia nyatakan setelah...

Presiden Korea Selatan Dijadwalkan Bertemu Biden di Gedung Putih

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 21 Mei mendatang akan menjadi pemimpin dunia kedua yang bertemu langsung dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih,...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502