Bursa Asia Terseret Kekhawatiran Pertumbuhan Ekonomi dan Tapering Fed

Saham Asia turun pada Kamis, sementara dolar bertahan kuat, seiring dengan sentimen hati-hati global. Investor dikhawatirkan oleh perlambatan pertumbuhan global dan potensi pengurangan stimulus bank sentral.

Bank Sentral Eropa secara khusus menjadi fokus di hari ini, dengan analis memperkirakan akan mengumumkan langkah tanda untuk mengurangi dukungan ekonomi daruratnya pada hari Kamis.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang kehilangan turun 1,04% sementara Nikkei Jepang turun 0,38%. Di Australia indeks ASX200 turun 1,01%, indeks Kospi Korea turun 0,74%, dan Hangseng turun 1,17%, dengan saham teknologi impin penurunan.

Indeks Teknologi Hang Seng turun 2,44% di awal perdagangan, terbebani penurunan saham Tencent Holdings yang turun 3,7% dan dan Netease Inc turun lebih dari 7% setelah pemerintah China pada hari Rabu memanggil perusahaan game untuk memastikan mereka menerapkan aturan baru untuk sektor ini.

Indeks saham blue chips China turun 0,41% tepat setelah pembukaan, dan saham berjangka AS, S&P 500 e-mini, turun 0,16%.

Awal pekan ini, investor telah memperkirakan data penggajian yang lebih rendah dari perkiraan pada hari Jumat lalu diartikan Federal Reserve akan menunda pemangkasan pembelian aset besar-besaran, membuat indeks ekuitas MSCI dunia ke level baru sepanjang masa pada hari Selasa.

Namun, sentimen pasar berubah menjadi lebih berhati-hati sejak itu, dan beberapa pembuat kebijakan Fed pada hari Rabu mengisyaratkan bank sentral AS tetap di jalur untuk mengurangi pembelian asetnya pada tahun ini.

Menyusul pertemuannya pada hari Kamis, analis memperkirakan ECB akan mengumumkan pengurangan laju pembelian obligasi daruratnya mulai kuartal berikutnya namun masih akan membeli obligasi setidaknya hingga 2024 di bawah program utamanya, dan mungkin lebih lama lagi.

Menjelang keputusan tersebut, euro tergelincir terhadap dolar AS ke level 1,1814, sedikit di bawah level tertinggi dua bulan yang disentuh pada sesi Jumat di level $1,1909, sementara dolar stabil terhadap sejumlah mata uang utama, setelah naik dalam tiga sesi sebelumnya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.