Dolar Terpuruk Ke Level Terendah Satu Bulan

Dolar merosot ke level terendah di hampir sebulan terakhir terhadap mata uang utama pada hari Jumat, menjelang laporan tenaga kerja penting AS yang dapat memacu Federal Reserve untuk mengurangi stimulus sebelumnya.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, bergerak tipis di level 92,207 setelah sebelumnya sempat menyentuh 92,151 untuk pertama kalinya sejak 5 Agustus.

Dolar telah menguat di sebagian besar bulan lalu karena pandangan bahwa pengurangan ole the fed akan segera terjadi, bahkan ketika kasus COVID-19 melonjak di Amerika Serikat, yang secara paradoks memberi dorongan tambahan bagi dolar karena perannya sebagai tempat berlindung yang aman.

Tetapi indeks dolar mundur setelah sempat mencapai level tertinggi di 9 setengah bulan terakhir di 93,734 pada 20 Agustus karena pejabat Fed mulai isyaratkan penyebaran virus dapat menunda pengetatan kebijakan.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada simposium Jackson Hole Fed seminggu yang lalu bahwa tapering masih mungkin dilakukan tahun ini, tetapi tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga, sehingga membuat dolar AS anjlok.

Laporan bulanan non-farm payrolls, yang dijadwalkan Jumat malam, diperkirakan akan naik 750.000, dengan tingkat pengangguran turun menjadi 5,2% dari 5,4%, menurut jajak pendapat ekonom Reuters. Namun, perkiraannya sangat beragam, mulai dari 375.000 hingga lebih dari satu juta.

Sinyal dari ekonomi menjelang laporan beragam. Di sesi kemarin, data menunjukkan angka PHK turun ke level terendah di lebih dari 24 tahun. Namun, Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP pada hari Rabu jauh lebih lemah dari perkiraan para ekonom.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.