Dukungan Bipartisan Bagi Persaingan Teknologi AS dengan China

Minggu ini, komisi pakar teknologi yang didukung pemerintah Amerika Serikat (AS) menyelesaikan peninjauan tiga tahun mengenai kemampuan kecerdasan buatan Amerika.

Komisi ini mendesak pembentukan strategi teknologi nasional baru agar tetap bisa bersaing dengan China.

Komisi Keamanan Nasional untuk Kecerdasan Buatan (NSCAI) telah mengkaji bagaimana kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin bisa memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional AS.

Komisi ini merekomendasikan tambahan anggaran miliaran dolar lagi untuk penelitian, memperagam rantai pasokan industri Amerika untuk microchip dan produk teknologi tinggi lainnya, serta mereformasi kebijakan imigrasi untuk menarik peneliti dan pekerja berbakat.

Beberapa dari langkah tersebut sedang dilakukan.

Anggota Kongres dari Partai Republik dan Demokrat sekarang lebih memusatkan perhatian pada cara-cara untuk mengatasi persaingan teknologi dengan China, bertahun-tahun setelah para pejabat mengatakan China melakukan spionase perusahaan dan memaksa transfer teknologi agar dengan cepat bisa memajukan kemampuan teknologinya.

Pada Kamis (4/3), sekelompok senator bipartisan memperkenalkan rancangan undang-undang untuk membantu pemerintah AS mengembangkan lebih banyak kemitraan teknologi dengan sekutu guna melawan kebangkitan China dalam kecerdasan buatan, 5G, komputasi kuantum, dan bidang lainnya.

Rancangan undang-undang (RUU) tersebut, yang dipimpin oleh Senator Partai Demokrat dari Virginia Mark Warner, mantan pengusaha teknologi, akan membentuk kantor antar lembaga baru di dalam Departemen Luar Negeri.

Kantor ini akan berfokus pada koordinasi strategi teknologi dengan negara demokratis lainnya.

RUU ini juga akan menyediakan dana $5 miliar untuk mendukung proyek penelitian antara pemerintah dan perusahaan swasta.

Pekan lalu, Ketua faksi mayoritas di Senat, Chuck Schumer mendesak upaya bipartisan untuk menyusun rancangan undang-undang yang berinvestasi dalam teknologi rintisan baru untuk menantang China.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Presiden Biden akan Berpidato di Kongres pada 28 April

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres pada 28 April. Pidato itu akan disampaikan sewaktu Biden mencapai 100 hari menjabat,...

Imbal Hasil Treasury AS 10-Tahun Turun, Dolar Masih Konsolidasi

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit berubah pada 1,66% pada hari Kamis karena saham global terus diperdagangkan di sekitar tertinggi sepanjang masa dan investor...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502