EUR/USD Terseret Pernyataan Hawkish Fed dan Kekhawatiran Resesi

EUR/USD terseret turun ke sekitar level 1,0090 selama sesi Asia yang lesu pada hari Jumat, lanjutkan penurunan yang justru membuat EUR/USD ke level terendah bulanan terbaru di sesi sebelumnya. Euro menanggung beban atas kenaikan dolar AS, mengiringi kekhawatiran suramnya ekonomi di Uni Eropa.

Pada sesi Kamis, EUR/USD turun tajam setelah pembukaan Wall Street, jatuh di bawah level penting 1,0100 dan mencapai level terendah di lebih dari sebulan. Greenback menguat dibalik harapan di mana para pelaku pasar terus memantau indikasi positif dari AS dan abaikan indikasi yang meleset dari harapan. Imbal hasil obligasi yang turun sementara perdagangan saham bervariasi.

Dari pernyataan pejabat Fed, Presiden Fed St Louis, James Bullard, nyatakan dukungannya untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin ketiga berturut-turut pada bulan September, sementara presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan kenaikan suku bunga sebesar 50 atau 75 basis poin bulan depan masih masuk akal. Sementara Presiden Fed Kansas City, Esther George, nyatakan Federal Reserve tidak akan hentikan pengetatan sampai mereka “benar-benar yakin” inflasi akan turun.

Data ekonomi AS yang positif menambah kekuatan dolar AS untuk lanjutkan kenaikannya. Laporan Klaim Tunjangan Pengangguran Awal AS pekan lalu, turun melampaui perkiraan menjadi 250 ribu pengajuan. Data lainnya, Survei Manufaktur Fed Philadelphia Agustus secara tak terduga meningkat menjadi 6,2 dari -12,3 pada Juli, jauh di atas ekspektasi pasar yang memperkirakan kenaikan hanya -5.

Pada catatan negatif, Penjualan Rumah AS turun sebesar 5,9% pada tingkat bulanan di bulan Juli. Juga pada kemarin, Uni Eropa merilis perkiraan akhir angka inflasi untuk Juli, dengan laju inflasi tahunan Uni Eropa tetap bertahan di angka 8,9%.

Pergerakan Euro pada hari Jumat ini akan dipengaruhi oleh data ekonomi dari Jerman yang akan merilis Indeks Harga Produsen untuk Juli, sementara Uni Eropa akan merilis laporan Current Account / Neraca Berjalan (selisih nilai antara barang impor dan ekspor, jasa, arus pendapatan) untuk bulan Juni. Sementara hari ini tidak ada laporan atau data ekonomi yang dirilis dari AS di akhir pekan ini.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.