Harga Emas Dibayangi Harapan Pemulihan Ekonomi Global

Harga emas turun pada sesi Rabu pagi di Asia, dari level tertingginya dalam dua minggu yang dicapai selama sesi sebelumnya setelah data positif mendukung harapan untuk percepatan pemulihan ekonomi dari COVID-19.

Emas berjangka turun tipis 0,20% menjadi $1.739,45. Jatuhnya imbal hasil Treasury AS membuat investor beralih ke logam kuning safe-haven tersebut, sementara dolar tergelincir ke level terendah dua minggu.

Di AS, laporan lowongan pekerjaan JOLT AS bulan Februari, yang dirilis pada hari Selasa, menunjukkan angka lowongan pekerjaan naik ke level tertinggi dua tahun di 7,367 juta. Laporan itu juga mengatakan bahwa perekrutan juga mencatat kenaikan terbesar dalam sembilan bulan.

Sementara itu, Indeks Manajer Pembelian layanan Caixin China untuk bulan Maret adalah sebesar 54,3. Investor sekarang menunggu data China lebih lanjut, termasuk indeks Harga Konsumen dan Harga Produsen, yang akan dirilis pada hari Jumat.

IMF juga memperkirakan bahwa pertumbuhan global dapat mencapai 6% pada tahun 2021 pada pembukaan pertemuan musim semi 2021 yang diselenggarakan bersama dengan Bank Dunia pada 5 April. Angka tersebut merupakan ekspansi terkuat dalam setidaknya empat dekade, berkat pengeluaran publik yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama oleh AS, untuk melawan COVID-19. Pertemuan tersebut dijadwalkan untuk berlanjut secara virtual hingga 11 April.

Terkait COVID-19, Presiden AS Joe Biden menaikkan target kelayakan vaksin COVID-19 untuk semua orang dewasa Amerika hingga 19 April, semakin memperluas peluncuran vaksin.

SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa berbasis emas terbesar secara global, mengatakan kepemilikannya turun 0,4% menjadi 1.029,04 ton pada hari Selasa dari 1.032,83 ton pada hari Senin.

Pada perdagangan logam mulia lainnya, perak turun 0,3%, paladium turun 0,4%, namun platinum naik 0,6%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Sampaikan Pesan Ramadan, Biden Kutip Surat An Nur

Presiden Amerika Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden Senin sore (12/4) menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadan kepada seluruh komunitas Muslim...

Alasan Arab Saudi Jalankan Komitmen Pangkas Produksinya

JAVAFX - Disiplin produksi yang ketat oleh OPEC dan mitranya adalah alasan paling wahid, mengapa harga minyak berhasil melakukan pemulihan yang luar biasa dan...

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502