Harga Emas Tergelincir 2%, Jangka Pendek Masih Tertekan

JAVAFX – Harga emas tergelincir hampir 2% pada perdagangan di hari Selasa (30/03/2021) tertekan oleh penguatan dolar AS  dan kenaikan imbal hasil Treasury AS. Disisi lain, harapan atas pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat juga memberikan tekanan permintaan pada emas batangan sebagai asset berlindung yang aman.

Pada perdagangan di pasar spot, harga emas turun 1,6% menjadi $ 1,684.64 per troy ons. Emas batangan bahkan sempat turun sekitar 2% ke level terendah sejak 8 Maret di $ 1.678,40. Emas di perdagangan bursa berjangka AS menetap 1,7% turun pada $ 1,686.

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik ke puncak tertinggi dalam 14 bulan, didukung oleh harapan pertumbuhan yang lebih kuat dan inflasi menjelang rencana pembangunan infrastuktur dari Presiden AS Joe Biden yang akan bergulir dengan nilai jutaan dolar.

Indeks dolar AS melonjak diatas posisi lebih dari puncak dalam empat bulan ini, membuat emas dalam mata uang greenback lebih mahal pemegang mata uang lainnya. Sementara kenaikan Imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi telah mengancam daya tarik emas sebagai asset lindung nilai inflasi karena mereka meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan, yang tidak membayar bunga.

Dalam jangka pendek, harga emas nampak masih akan sangat bearish. Meski demikian, dorongan kenaikan inflasi juga akan membuat peluang beli emas tercipta dan membawa aksi beli kembali bagi para investor dengan memanfaatkan harga yang murah ini.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Tertekan Yield Obligasi AS,Emas Diperdagangkan Dalam Kisaran Harga $1730-60

JAVAFX - Mengawali perdagangan minggu ini, pada hari Senin (12/04/2021) harga emas berakhir turun di bursa perdagangan berjangka AS. Harga jatuh akibat kenaikan imbal...

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Biden disebut telah buktikan janji kampanye terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut telah membuktikan janji saat kampanye pencalonannya sebagai presiden, terkait kebijakan terhadap Muslim dan Islam. Janji kampanye Biden untuk...

Imbal Hasil Treasury AS 10-Tahun Turun, Dolar Masih Konsolidasi

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit berubah pada 1,66% pada hari Kamis karena saham global terus diperdagangkan di sekitar tertinggi sepanjang masa dan investor...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502