Harga Minyak Berayun Naik, Pasar Fokus Pada Pasokan Yang Ketat

Harga minyak berayun lebih tinggi dalam perdagangan yang bergejolak pada hari Senin, karena para pedagang fokus pada pasokan yang ketat atas perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik $ 1,01, atau 0,9%, pada $ 114,13 per barel. Patokan harga minyak global ini jatuh 7,3% dalam seminggu lalu untuk penurunan mingguan pertama dalam lima.

Sementara harga minyak mentah AS West Texas Intermediate diperdagangkan naik 61 sen, atau 0,56%, pada $110,17 dalam perdagangan tenang pada hari libur AS Juni. Harga bulan depan merosot 9,2% minggu lalu untuk penurunan pertama dalam delapan minggu.

Ada dua narasi yang benar-benar bersaing terjadi, salah satunya adalah sanksi terhadap pasokan Rusia yang dapat memberikan dukungan bagi kenaikan harga. Sementara di sisi lain, kami melihat harga yang tinggi mengakibatkan beberapa kehancuran permintaan minyak itu sendiri.

Harga Brent pada hari Senin menyentuh level terendah dalam sebulan sebelum pulih.

Pasokan akan tetap ketat dan terus mendukung harga minyak yang tinggi. Norma untuk ICE Brent masih di sekitar $120. Pandangan yang bullish tetap jauh lebih meyakinkan saat ini. Lebih-lebih setelah sanksi Barat telah mengurangi akses ke minyak dari Rusia setelah invasinya ke Ukraina, yang disebut Rusia sebagai “operasi khusus.”

Diyakini bahwa resesi lebih mungkin terjadi setelah Federal Reserve AS pada Rabu menyetujui kenaikan suku bunga terbesar dalam lebih dari seperempat abad untuk menahan lonjakan inflasi.

Pendekatan pengetatan serupa oleh Bank of England dan Swiss National Bank minggu lalu pun terjadi.

Penurunan harga yang tajam pada hari Jumat dapat dilihat sebagai reaksi tertunda terhadap kekhawatiran tentang resesi yang telah membebani harga komoditas lain untuk beberapa waktu. Sementara impor minyak mentah China dari Rusia pada Mei melonjak 55% dari tahun sebelumnya ke rekor tertinggi, menggusur Arab Saudi sebagai pemasok utama, kuota ekspor China telah mengakibatkan penurunan pengiriman produk minyak.

Diyakini pula bahwa akan ada kenaikan pada musim panas secara terbatas dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+. Produksi minyak Libya tetap bergejolak menyusul blokade oleh kelompok-kelompok di timur negara itu, dengan produksinya baru-baru ini dipatok pada 700.000 per hari.

Sementara itu, prospek pengurangan sanksi Iran yang dapat menghasilkan peningkatan yang berarti dalam ekspor minyak mentah negara itu semakin berkurang. Ada beberapa mitigasi untuk pasokan yang ketat dengan pelepasan cadangan minyak strategis, yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Produksi minyak mentah mingguan di Amerika Serikat, produsen utama dunia, juga telah kembali ke tingkat sebelum pandemi karena jumlah rig tumbuh perlahan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.