Panel Penyelidik Kerusuhan 6 Januari Siap Dengar Kesaksian Soal Upaya Trump untuk Gagalkan Kemenangan Biden

Penyelidikan Kongres terhadap kerusuhan di gedung Kongres pada 6 Januari 2021, pada Selasa (21/6), akan berfokus pada dugaan upaya mantan presiden Donald Trump untuk membuat sejumlah pemilih palsu dan mengatur jumlah suara di negara-negara bagian di mana ia kalah.

Para pejabat kunci yang terlibat dalam pemilu di negara bagian Georgia dan Arizona, di mana Trump mengalami kekalahan di dua negara bagian tersebut, dijadwalkan akan memberikan kesaksian tentang bagaiman Trump berusaha untuk mengubah hasil pemilu itu.

Panel investigasi DPR itu telah mendengar kesaksian dari beberapa pembantu utama Trump, yang mengatakan kepada Trump bahwa ia kalah dalam pemilu tahun 2020, dan hanya ada sedikit penyimpangan dalam hal pemungutan suara tetapi tidak cukup untuk mengubah kemenangan suara elektoral di tingkat nasional.

Selain itu Trump diberitahu bahwa merupakan hal yang ilegal bagi Wakil Presiden Mike Pence – ketika itu – untuk secara sepihak memblokir kemenangan Biden, sebagaimana yang diminta Trump secara pribadi dan publik kepada Pence.

Inti dari upaya Trump itu adalah adanya skema berani untuk membuat elektor palsu yang seakan-akan mendukung Trump di di negara-negara bagian di mana ia kalah tipis; dan untuk menyatakan bahwa Trump telah memenangkan cukup banyak negara bagian yang membuatnya tetap berkuasa selama empat tahun lagi.

Di Amerika, seorang presiden dipilih secara efektif dalam pemilihan terpisah di masing-masing 50 negara bagian, bukan lewat jumlah suara terbesar.

Jumlah suara elektoral setiap negara bagian akan bergantung pada jumlah populasinya, di mana negara-negara bagian dengan jumlah penduduk terbanyak akan menjadi faktor penentu utama kemenangan seorang calon.

Sekitar 2.000 pendukung Trump merangsek ke gedung Kongres pada 6 Januari 2021 selama beberapa jam, memblokir upaya para anggota untuk mensertifikasi kemenangan Biden yang secara jelas menunjukkan suara elektoral 306 banding 232.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.