Harga Minyak Naik Di Tengah Penantian Data Persediaan Minyak AS

Harga minyak mentah berdetak naik di sesi Rabu, setelah selama dua sesi berturut-turut minyak mencatat penurunan. Kenaikan di saat pasar menantikan data persediaan AS yang akan dirilis hari ini sebagai petunjuk ke arah mana harga selanjutnya.

Minyak mentah Brent kontrak berjangka Mei naik 15 sen, atau 0,2% menjadi $67,67 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS kontrak berjangka April di $ 64,24 per barel, naik 23 sen, atau 0,4%.

Minyak mentah mendapat dukungan minggu lalu dari keputusan OPEC+ yang sebagian besar mempertahankan pengurangan produksi pada bulan April. Minyak sempat melonjak Senin, dengan Brent naik di atas $70 per barel, setelah serangan Houthi Yaman di jantung minyak Saudi.

Pasar meyakini, penurunan harga minyak dalam dua hari terakhir ini disebabkan oleh kenaikan tersebut. Sementara sentimen pasar masih sedikit bearish di tengah ekspektasi bahwa persediaan minyak mentah AS dapat naik untuk minggu ketiga berturut-turut.

Persediaan minyak mentah naik 12,8 juta barel dalam pekan hingga 5 Maret, menurut data dari kelompok industri American Petroleum Institute. Analis, dalam jajak pendapat Reuters, memperkirakan adanya peningkatan sekitar 800.000 barel. Data resmi persediaan minyak AS dari Administrasi Informasi Energi (EIA) akan dirilis hari ini pukul 10:30 waktu setempat.

Kenaikan harga ini diperkirakan akan menghasilkan lebih banyak pasokan minyak mentah AS yang kembali diproduksi.

Produksi minyak mentah AS masih diperkirakan masih turun 160.000 barel per hari (bph) pada 2021 menjadi 11,15 juta bpd, kata EIA pada Selasa, tetapi itu penurunan yang lebih kecil dari perkiraan bulanan sebelumnya untuk penurunan 290.000 bpd.

Kelompok OPEC+,  Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen sekutu, dapat menjadi korban dari kesuksesannya sendiri, kata analis di bank EFG, karena harga yang lebih tinggi akibat pembatasan pasokan dapat mendorong produksi minyak AS.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Konstruksi Inggris Tumbuh Pesat Pasca Lockdown Dicabut – PMI

Aktivitas konstruksi Inggris meningkat dengan cepat bulan lalu, hampir menyamai rekor enam setengah tahun yang dicapai pada Maret karena pencabutan langkah-langkah penguncian virus korona sehingga meningkatkan pesanan baru, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

Minyak Masih Miliki Ruang Harga Naik Tahun Ini

JAVAFX - Manajer keuangan semakin yakin bahwa harga minyak memiliki ruang untuk naik tahun ini, berkat ekspektasi pemulihan ekonomi yang kuat dan meningkatnya permintaan...

India Siap Borong Minyak Arab Saudi Kembali

JAVAFX - Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan pada hari Jumat (07/05/2021) berterima kasih kepada Arab Saudi dan produsen minyak Timur Tengah lainnya karena telah...

NFP AS Di Prediksi Membaik, Dolar AS Di Prediksi Tetap Turun

Pada malam nanti, jam 19.30, Amerika Serikat akan merilis data tenaga kerjanya yang di prediksi membaik. Hal ini di lihat dari data NFP AS...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502