Hubungan Ekonomi Eropa dengan Swedia, Norwegia

Hubungan Ekonomi Eropa Analisa Euro, Ekonomi Zona Euro, Krona Swedia, Krone Norwegia, Memahami Model Inti-Perimeter – Poin Pembahasan

  • Bagaimana memperdagangkan Euro terhadap Krona Swedia dan Krone Norwegia
  • Apa hubungan ekonomi dan perdagangan antara Zona Euro dengan Swedia dan Norwegia?
  • Bagaimana hubungan antara Swedia, Norwegia dan UE sesuai dengan model Inti- Perimeter

Sensitivitas siklus bisnis dari aset negara Nordik, yang membuatnya lebih berisiko tetapi juga menawarkan ‘return’ yang lebih tinggi, cenderung meningkatkan daya tariknya dibandingkan dengan mitra berbasis UE yang lebih aman dalam lingkungan pasar yang optimis. Ini biasanya menghasilkan nilai tukar Euro / Nordik yang lebih lemah karena investor memprioritaskan keuntungan daripada pelestarian modal. Aliran modal ini didukung oleh jaringan ekonomi yang saling berhubungan yang dimiliki oleh Zona Euro, Norwegia dan Swedia.

Hubungan Swedia Dan Norwegia-UE: Perdagangan, Ekonomi, Dan Kurs EUR / SEK, EUR / NOK

Mayoritas ekspor Swedia dan Norwegia mengalir ke jantung Eropa. Oleh karena itu, ketika investor bersemangat dan memiliki pandangan positif terhadap pertumbuhan, hubungan perdagangan ini mengarah pada modal yang mengalir dari negara-negara inti (UE) ke negara-negara perimeter (Nordik). Permintaan yang kuat dari Eropa merupakan sumber penting terhadap vitalitas ekonomi bagi ekonomi Skandinavia yang menghadap ke luar.

Permintaan Eropa: Tujuan Utama Ekspor Norwegia (2018)

Permintaan Eropa: Tujuan Utama Ekspor Swedia (2018)

Namun, selama krisis ekonomi, arus modal berbalik arah. Hal ini sering kali menyebabkan nilai tukar Euro / Nordik lebih kuat karena investor menjadi lebih menghindari risiko dan mengurangi eksposur mereka ke aset berisiko (seperti NOK dan SEK). Dalam hal ini, stabilitas dan kekuatan Zona Euro bertindak sebagai magnet bagi investor dengan modal yang ingin menahannya di tempat yang relatif kurang terkena volatilitas.

Bahkan jika Zona Euro sendiri adalah pusat gejolak pasar, para trader biasanya lebih memilih untuk menahan modal mereka di Bunds Jerman atau Euro daripada rekan-rekan Nordik mereka. Dengan kata lain: modal mengalir dari perimeter ke inti dalam skenario penghindaran risiko. Dalam contoh di bawah ini, nilai tukar EUR / SEK menguat antara 2018 dan 2019 karena risiko politik di Eropa mendorong Euro lebih tinggi karena dipandang relatif lebih aman daripada Krona Swedia.

Pergeseran Modal dari Perimeter (SEK) ke Aset Inti (EUR) Di Tengah Pengalihan Risiko di Seluruh Pasar

Sebaliknya, ketika ekonomi global mulai pulih dari krisis keuangan global 2008, nilai tukar EUR / SEK melemah karena minat terhadap aset berisiko kembali meningkat dan trader merasa lebih optimis tentang prospek pertumbuhan secara keseluruhan. Para investor kemudian mulai mengalihkan modalnya dari oasis keamanan di inti (UE) ke alternatif yang relatif lebih berisiko tetapi dengan pengembalian yang lebih tinggi di perimeter (Nordik). Hubungan ini mencerminkan kembali bangkitnya minat dalam perdagangan aset berisiko dan berimbal hasil lebih tinggi dalam lingkungan yang tidak terlalu tidak pasti.

Pergeseran Modal dari Perimeter (NOK) ke Aset Inti (EUR) Di Tengah Pengalihan Risiko di Seluruh Pasar

Apa Hubungan Antara Harga Minyak Mentah dan Krone Norwegia?

Krone Norwegia secara khusus rentan terhadap fluktuasi risk appetite karena hubungan kuat Norwegia dengan industri perminyakan. Sebagai komoditas yang peka terhadap siklus, harga minyak mentah dengan cepat merespons perubahan sentimen global karena apa artinya itu bagi permintaan masa depan sebagai input utama dalam pertumbuhan ekonomi. NOK, dalam hal ini, sering bergantung pada kekuatan yang sama yang mempengaruhi komoditas.

Indeks Krone Norwegia dan Brent – Grafik Harian

Poin Utama Tentang Bagaimana Trading Mata Uang UE-Nordik

  • Model Core-Perimeter menunjukkan bahwa selama masa ketidakpastian, modal biasanya mengalir dari ekonomi perimeter (Norwegia dan Swedia) ke inti (Zona Euro)
  • Hal ini sering mengakibatkan penguatan Euro vs Krone Norwegia dan Krona Swedia
  • Sebaliknya, ketika minat risiko tinggi, Euro yang relatif lebih aman biasanya melemah terhadap mata uang Nordik yang relatif lebih berisiko karena modal mengalir keluar dari Zona Euro (inti) dan ke perimeter (negara-negara Skandinavia)
  • NOK dan SEK terkait dengan ekonomi yang berorientasi ekspor yang sifatnya menghadap ke luar mata uang NOK rentan terhadap perputaran global dalam suasana pasar

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

AS, Rusia Berdebat Soal Serangan Siber Jelang KTT Biden-Putin

Amerika Serikat (AS) dan Rusia berdebat Minggu (13/6) tentang tanggung jawab untuk melemahkan serangan siber. Perdebatan itu muncul menjelang pertemuan antara Presiden AS Joe Biden...

Luar biasa, Inflasi Inggris Lampaui Target Bank Sentral

Inflasi Inggris secara tak terduga melonjak di atas target Bank of England 2,0% pada Mei. Angka inflasi Inggris mencapai 2,1% dan diyakini masih akan terus meningkat lebih lanjut. Ini tak lepas karena Inggris masih akan kembali membuka aktivitas ekonominya pasca penguncian wilayah.

Biden Akan Sahkan Penetapan Hari Libur Nasional Juneteenth

Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis (17/6) dijadwalkan menandatangani undang-undang yang menetapkan hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di AS. Hari Kebebasan...

Biden Tegaskan Komitmen AS terhadap Klausul Pertahanan Bersama NATO

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan membahas revisi konsep strategisnya sewaktu para pemimpinnya, termasuk Presiden AS Joe Biden, berkumpul hari Senin di Brussels. NATO terakhir...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502