Dasar-Dasar Analisa Teknikal

Pengantar Analisa Teknikal

Analisa teknikal menjadi pendekatan perdagangan yang semakin populer, sebagian berkat kemajuan dalam paket pembuatan bagan dan platform perdagangan. Namun, bagi trader pemula, memahami analisa teknikal teknis – dan bagaimana pendekatan itu dapat membantu memprediksi tren di pasar – bisa jadi menakutkan dan menantang.

Analisa Teknikal

Analisa teknikal adalah studi tentang pergerakan harga di pasar, di mana para trader menggunakan pola grafik dan indikator historis untuk memprediksi tren di pasar masa depan. Ini adalah representasi visual dari kinerja pasar masa lalu dan sekarang dan memungkinkan trader menggunakan informasi ini dalam bentuk price action, indikator dan pola untuk memandu dan menginformasikan tren masa depan sebelum memasuki perdagangan.

Panduan analisa teknikal pemula ini akan memperkenalkan Anda pada dasar-dasar pendekatan perdagangan ini, dan bagaimana hal itu dapat digunakan untuk trading di pasar keuangan.

Memahami Analisa Teknikal

Analisa Teknikal melibatkan interpretasi pola dari grafik. Trader menggunakan data historis, terutama berdasarkan harga dan volume, dan menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi peluang perdagangan berdasarkan pola umum di pasar. Berbagai indikator diterapkan ke grafik untuk menentukan titik masuk dan keluar bagi trader untuk memaksimalkan potensi perdagangan dengan rasio risiko-imbalan yang baik.

Grafik di bawah ini adalah contoh grafik dengan menggunakan indikator MACD dan RSI.

Sementara para pendukung analisa fundamental percaya bahwa faktor ekonomi merupakan kontributor utama terhadap pergerakan di pasar, trader analisa teknikal berpendapat bahwa tren masa lalu dapat membantu dalam memprediksi pergerakan harga di masa depan. Meski gaya perdagangan ini dapat bervariasi, memahami perbedaan antara analisa fundamental dan teknikal – dan cara menggabungkannya – bisa sangat bermanfaat.

Bagaimana Analisa Teknikal Dapat Membantu Trader

Banyak trader telah menemukan analisa teknikal sebagai alat yang berguna untuk manajemen risiko, yang dapat menjadi batu sandungan utama. Setelah seorang trader memahami konsep dan prinsip analisa teknikal, ini dapat diterapkan ke pasar mana pun, menjadikannya alat analisis yang fleksibel. Di mana analisa fundamental melihat untuk mengidentifikasi nilai intrinsik di pasar, analisa teknikal berupaya mengidentifikasi tren, yang dengan mudah dapat disebabkan oleh fundamental yang mendasarinya.

Manfaat menggunakan analisa teknikal meliputi:

  • Dapat diterapkan ke pasar apa pun menggunakan kerangka waktu apa pun
  • Analisa teknikal dapat digunakan sebagai metode mandiri
  • Memungkinkan trader untuk mengidentifikasi tren di pasar

Menggunakan Grafik Dalam Analisa Teknikal

Grafik di bawah ini adalah contoh grafik candlestick untuk pasangan mata uang EUR/USD .

Grafik adalah kunci menuju analisa teknikal. Ini karena ukuran terpenting dari kinerja pasar di masa lalu dan saat ini adalah harga itu sendiri; ini adalah titik awal ketika mempelajari analisa potensi perdagangan. Price action dapat direpresentasikan pada grafik karena ini adalah indikasi paling jelas dari apa yang dilakukan harga.

Grafik membantu dalam menentukan tren keseluruhan, apakah ada tren naik atau turun, baik dalam jangka panjang atau pendek atau untuk mengidentifikasi kondisi rentang pergerakan. Jenis grafik analisa teknikal yang paling umum adalah grafik garis, grafik batang dan grafik candlestick.

Saat menggunakan grafik batang atau candlestick, setiap periode akan memberikan informasi analis teknikal tentang harga dari tempat pembukaan, periode tertinggi atau terendah, serta penutupan. Analisa candlestick sangat berguna karena pola dan hubungan di dalamnya dapat membantu dalam membuat prakiraan tentang arah harga di masa mendatang.

Setelah seorang trader menguasai dasar – dasar pembuatan grafik, mereka kemudian dapat menggunakan indikator untuk membantu dalam menentukan tren.

Indikator Analisa Teknikal

Indikator digunakan oleh trader teknikal ketika mencari peluang di pasar. Meskipun ada banyak indikator, trader sering menggunakan volume dan indikator berbasis harga. Ini membantu dalam menentukan di mana level support dan resistance, seberapa sering mereka dipertahankan atau ditembus serta memastikan panjangnya tren.

Seorang trader dapat melihat harga atau indikator lainnya menggunakan beberapa analisa kerangka waktu, mulai dari satu menit hingga satu bulan yang memberikan trader perspektif yang berbeda dari price action.

Indikator yang lebih populer untuk analisis teknikal diantara nya:

  • Moving Averages
  • Relative Strength Index (RSI)
  • Moving Average Convergence Divergence (MACD)

Moving Average dan MACD sering digunakan untuk mengidentifikasi tren di pasar sementara RSI biasanya digunakan untuk menentukan kemungkinan titik masuk dan keluar. Indikator membantu trader dalam menganalisis pasar, memvalidasi pengaturan perdagangan, dan menentukan titik masuk.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.