Kekuatan Amerika Utara, Hubungan Perdagangan Antara AS Kanada

Dolar AS, Dolar Kanada, Hubungan Perdagangan AS-Kanada, Memahami Model Inti-Perimeter – Poin Pembahasan

  • Bagaimana cara memperdagangkan Dolar Kanada terhadap Dolar AS
  • Apa hubungan perdagangan, ekonomi AS-Kanada, serta mengapa itu penting?
  • Bagaimana hubungan antara Kanada dan AS sesuai dengan model Core-Perimeter

Ketika prospek pertumbuhan ekonomi global positif, aset Kanada cenderung menjadi lebih menarik daripada mitranya AS yang lebih aman karena sensitivitas siklusnya – sekaligus membuatnya lebih berisiko – memungkinkan pengembalian yang relatif lebih tinggi. Hal ini biasanya menyebabkan nilai tukar USD / CAD yang lebih lemah karena investor menilai imbal hasil daripada stabilitas.

Hubungan Perdagangan AS-Kanada

AS bukan hanya mitra dagang terbesar Kanada, tetapi juga ekonomi berbasis konsumen terbesar di dunia. Model pertumbuhan yang berorientasi internal ini membuat AS kurang rentan terhadap guncangan eksternal dibandingkan dengan ekonomi yang menghadap ke luar seperti Kanada, yang sangat bergantung pada ekspor ke selatan untuk mendorong kinerja. Sebagai perspektif, lebih dari 74% penjualan lintas batas Kanada ditujukan ke pasar AS, sedangkan pasar AS hanya mengirimkan sekitar 12% dari total ekspornya ke Kanada.

Pasar Amerika Serikat: Tujuan Utama Ekspor Kanada ( 2018)

Latar belakang positif untuk pertumbuhan AS biasanya meningkatkan permintaan barang Kanada dan total volume perdagangan antara inti dan perimeter meningkat. Saat ekspor mengalir dari perimeter ke inti, modal mengalir ke arah yang berlawanan dan membantu mendorong Dolar Kanada lebih tinggi.

Dinamika ini diperkuat oleh derasnya modal ke dalam ekonomi perimeter dari investor yang mencari aset berdenominasi CAD yang menyalurkan siklus untuk memberikan pengembalian yang relatif lebih murah. Dalam kondisi ini, nilai tukar USD / CAD biasanya turun.

Namun, jika semacam guncangan ekonomi menyebabkan pertumbuhan tergelincir – baik itu krisis keuangan atau perlambatan yang diamanatkan oleh kebijakan di tengah wabah virus baru – aliran modal antara inti dan perimeter berbalik. Hasilnya biasanya adalah nilai tukar USD / CAD yang lebih kuat.

Saat investor menjadi lebih menghindari risiko, mereka cenderung memangkas eksposur terhadap aset berdenominasi Dolar Kanada dan CAD yang sensitif terhadap siklus. Sebaliknya, mereka memilih aset yang relatif aman yang ditawarkan oleh likuiditas yang lebih dalam dan dinamika pertumbuhan yang lebih stabil di inti AS.

Pandemi Coronavirus Membuat Dolar Kanada Merosot Saat Dolar AS Naik

Kecenderungan ini dapat terlihat secara khusus mengingat Greenback adalah mata uang cadangan nomor satu dunia, menjadikannya tempat berlindung di saat-saat yang tidak pasti. Fitur ini membantu menjinakkan volatilitas yang secara komparatif akan lebih tinggi di lingkungan yang kurang likuid, yaitu di perimeter.

Krisis keuangan global tahun 2008 menunjukkan contoh yang sangat mendalam. Terlepas dari asal-usul gejolak yang berpusat pada AS, Greenback menemukan dirinya dalam sorotan karena permintaan untuk likuiditas yang mengurangi volatilitas mengarahkan aliran modal.

Poin Penting Dari Hubungan Perdagangan AS-Kanada

  • Model Core-Perimeter menunjukkan bahwa selama masa ketidakpastian, modal biasanya mengalir dari perimeter ekonomi (Kanada) ke inti (AS)
  • Sebaliknya, ketika risk appetite tinggi, modal mengalir ke ekonomi perimeter (Kanada) dan membantu meningkatkan aset lokal
  • Ekonomi Kanada – dan demikian dengan mata uangnya – sangat mencerminkan siklus bisnis AS

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.