Inggris Akan Bantu Lepas Jika Tanker Iran Tidak Menuju Suriah

JAVAFX – Inggris akan memfasilitasi pelepasan tanker minyak Iran yang ditahan oleh Gibraltar sejak awal bulan ini jika Iran memberikan jaminan bahwa minyak mentah yang dimuat di kapal itu tidak menuju Suriah, demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt pada akhir pekan.

Gold Trading

Pada awal Juli, Gibraltar, dibantu oleh Royal Marines – Angkatan Laut Inggris, menahan kapal super tanker yang membawa minyak mentah ke Suriah karena memiliki “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa kapal Iran Grace 1 melanggar sanksi Uni Eropa terhadap Suriah.

Data pengiriman yang ditinjau oleh Reuters menunjukkan bahwa kapal tanker dalam perjalanan ke Suriah dimuat dengan minyak Iran di lepas pantai Iran.  Jika kapal tanker itu benar-benar memuat minyak dari Iran, itu tidak hanya melanggar sanksi Uni Eropa terhadap entitas Suriah yang memiliki kilang yang diyakini sebagai tujuan minyak, tetapi juga melanggar sanksi AS terhadap ekspor minyak Iran.

Ketegangan antara Inggris dan Iran dengan cepat meningkat setelah perebutan kapal tanker Iran, dengan Teheran mengancam untuk merebut kapal berbendera Inggris, dan minggu lalu berusaha untuk memblokir kapal tanker minyak berbendera Inggris di dekat Selat Hormuz.

Setelah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif, Menteri Luar Negeri Inggris Hunt mencuit dalam akun twitternya pada hari Sabtu (13/07/2019) .

“Baru saja berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Zarif. Panggilan konstruktif. Saya meyakinkan dia bahwa kekhawatiran kami adalah tujuan bukan asal minyak pada Grace One & bahwa Inggris akan memfasilitasi pelepasan jika kami menerima jaminan bahwa itu tidak akan pergi ke Suriah, mengikuti proses hukum di pengadilan Gib”. Zarif meyakinkan Hunt bahwa Iran ingin menyelesaikan masalah ini dan “tidak berusaha untuk meningkat,” tambah Menlu Inggris.

Senin pagi, Hunt mengatakan bahwa dia menuju ke Brussels “untuk pembicaraan mendesak tentang bagaimana mengurangi ketegangan dengan Iran. Pendekatan mereka ke Timur Tengah sangat tidak stabil, tetapi kami ingin mengurangi tidak meningkatkan ketegangan atas Grace 1 dan menghindari wilayah nuklearisasi. ”

Sementara itu, Koordinator Menteri Gibraltar, Fabian Picardo, membahas masalah kapal tanker yang ditahan dengan Hunt sebelum Hunt berbicara dengan menteri luar negeri Iran, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan:

“Saya juga meminta Sekretaris Luar Negeri untuk berkomunikasi dengan otoritas Iran bahwa Gibraltar tetap bertekad untuk menegakkan sanksi Uni Eropa terhadap Suriah melalui proses Pengadilan kami, tetapi bahwa kami akan siap untuk memfasilitasi pelepasan aset yang ditahan kepada penggugat yang sah jika kami puas bahwa kami telah menerima jaminan bahwa itu tidak akan pergi ke Suriah atau ke entitas yang diberi sanksi berdasarkan peraturan Uni Eropa yang relevan. ” (WK)