Ini Alasan Harga Emas Bisa Ke $ 5000

JAVAFX – Harga emas jatuh di tengah pandemi yang liar, ketidakpastian ekonomi dan pemilu, dimana sebelumnya sejumlah bank-bank besar memperkirakan harga emas bisa mencapai $ 3.000 bahkan $ 5.000 sekalipun. Apakah ini hanya sekedar proyeksi tak berdasar atau memang ada penjelasannya ?

Sebagaimana diketahui pula bahwa tepat sebelum kemenangan pemilihan presiden AS yang akhirnya dimenangkan oleh Joe Biden, JPMorgan telah menyebut kenaikan harga emas bisa mencapai 5% lagi dalam dorongan “gelombang biru”. Meskipun Trump menyukai emas dan menghiasi segalanya dengan logam mulia, logam mulia itu sendiri mengandalkan kemenangan Biden. Mengapa? Karena yang dicintainya lebih dari segalanya adalah janji stimulus moneter yang didukung Biden.

Secara historis, emas telah meningkat secara konsisten pada paket ekonomi yang serupa, begitu juga dengan kondisi hari-hari ini tidak jauh berbeda. Namun cara terbaik untuk memanfaatkan tahun transformatif untuk emas adalah di pusat penemuan besar berikutnya.

Provinsi Quebec di Kanada telah lama terkenal sebagai hotspot bagi para pencari emas di seluruh dunia. Namun itu tidak berarti waktunya untuk menjadi sorotan sudah berakhir. Ini adalah rumah bagi 30 tempat penambangan emas utama dan 160 proyek eksplorasi, Quebec adalah ratu emas yang tak terbantahkan. Namun meski dengan sebutan tersebut, hanya 40% dari potensi mineral provinsi yang sudah digarap. Itu membuatnya matang untuk penemuan besar berikutnya. Dan ini tidak hanya matang, itu sudah dalam mode penemuan baru yang besar.

Amex Exploration Inc telah membuat penemuan yang mengerikan dan antrean berikutnya adalah Eksplorasi Puncak Bintang, yang berharap menjadi seperti saudara kembar Amex setelah melahap properti paling dicari yang berdekatan dengan properti mereka.

Di saat-saat seperti ini, emas bukan hanya tempat berlindung yang aman, tapi juga bisa menjadi peluang yang sangat besar. Peluang yang paling menguntungkan sering ditemukan di antara saham pertambangan junior, yang akan mengungguli pasar dalam lingkungan ini. Tetapi hadiah terbesar adalah penambang junior yang membuat penemuan emas besar berikutnya – dan emas yang kemungkinan besar bernilai miliaran lebih dari kapitalisasi pasarnya.

Kami baru-baru ini melihat penemuan emas bermutu tinggi yang menakjubkan oleh Amex Exploration di salah satu tempat paling produktif di dunia – Quebec. Tetapi perusahaan lain bersiap untuk mengulang, dan bahkan beberapa direktur dan pemegang saham Amex menumpuk di dalamnya. Perusahaan tersebut adalah Starr Peak Exploration Ltd. dan mereka sedang bersiap untuk kampanye latihan tepat di samping penemuan Amex.

Saat suara emas legendaris memprediksi harga emas bisa mencapai $ 3.000 atau bahkan $ 5.000 per ons di masa depan kita yang tidak pasti, mungkin tidak ada tempat yang lebih baik daripada di tepi penemuan besar berikutnya di tempat yang produktif dan sebagian besar belum tersentuh. Dan tidak banyak waktu tersisa sebelum berita ini menjadi arus utama, dan saham Starr Peak telah naik 600% tahun ini.

Quebec sudah menjadi rumah bagi setidaknya 30 tempat utama dan 160 proyek eksplorasi. Namun, saat ini hanya sekitar 40% potensi mineral provinsi yang diketahui. Sabuk Abitibi Greenstone provinsi adalah tempat Amex Exploration baru-baru ini mendapatkan emas bermutu sangat tinggi dalam Proyek Emas Perronnya.

Secara tepat waktu, Starr Peak menukik dan meraup tanah yang berdampingan dan berdekatan dengan Amex tepat sebelum penemuan besar itu. Sejak saat itu, Starr Peak gencar melakukan akuisisi untuk memperluas posisinya. Starr Peak tidak berhenti sampai di situ. Dalam apa yang dapat dianggap sebagai kudeta besar di antara perusahaan emas junior, Starr Peak berhasil memperoleh tambang emas yang pernah memproduksi emas di sisi lain. Sekarang, ada 74 klaim pertambangan di sekitar 2.280 hektar di salah satu tempat emas terpanas di dunia.

Properti NewMétal berisi 53 klaim mineral yang mencakup 1.420 hektar lahan yang sangat prospektif yang berdekatan dengan penemuan AMEX. Sementara tambang Normétal adalah tambang yang pernah berproduksi di mana sekitar 10,1 juta ton yang diekstraksi secara berkala antara tahun 1937 dan 1975. Tambang Normetmar menunjukkan sumber daya bersejarah 306.000 t yang telah ditambang sejak 1990. Ini juga menunjukkan beberapa persimpangan emas.

Rousseau adalah blok dari 12 klaim yang mencakup lebih dari 470 hektar di zona emas Rollmac dari 31.298 ton. Sementara Danau Turgeon memberikan Starr Peak dua lagi klaim yang mencakup hampir 113 hektar. Dari sana, mudah untuk mengikuti apa yang mungkin terjadi selanjutnya:

Saat ini, Amex sedang mengebor dengan sepenuh hati. Dan itu mengebor semakin dekat ke garis properti Starr Peak. Faktanya, Amex sekarang melakukan pengeboran dalam jarak 750 meter dari garis properti Starr Peak. Saat mereka terus mengebor menuju Puncak Starr, nilainya terus menjadi lebih tinggi dan lebih tebal. Dengan kata lain, Amex sedang menggali lebih dekat dan lebih dekat ke Starr Peak dan setiap kali mengumumkan hasil baru, Starr Peak sepertinya duduk di permainan emas yang lebih manis. Itu sebabnya sahamnya melambung setiap kali Amex membuat pengumuman.

Tetapi Starr Peak tidak hanya mengandalkan hasil Amex di sini. Jauh dari itu. Starr sepenuhnya didanai untuk mengebor. Mengapa? Karena kesepakatan tanah Amex bukan hanya perampasan tanah sederhana — bahkan meyakinkan beberapa direktur Amex sendiri untuk bergabung dengan Starr sebagai pemegang saham.  Saat ini, Starr Peak sedang mengidentifikasi target.

Pada bulan Agustus, perusahaan ini menandatangani kontrak dengan firma konsultan geologi terkemuka Laurentia Exploration – firma yang sama di belakang penemuan Amex. Pada awal September, Starr meluncurkan survei sistem VTEM (Versatile Time Domain Electromagnetic) pada blok utama properti NewMétal. Ia juga meluncurkan survei geofisika mag drone resolusi tinggi di seluruh properti, termasuk drama baru Rousseau dan Turgeon Lake Gold.

Setelah bertahun-tahun memotong biaya, penambang emas sekarang siap untuk menghabiskan, menghabiskan, menghabiskan waktu untuk eksplorasi – secara global. Ini bukan lagi gelanggang bagi pemain-pemain besar.

Jurusan pertambangan tidak benar-benar menjelajah hari ini. Sebaliknya, mereka membiarkan penambang junior melakukan semua pekerjaan berat dan kemudian membelinya ketika mereka membuat penemuan besar, atau ketika mereka membuktikannya dalam fase pengembangan. Itulah mengapa ada begitu banyak keuntungan bagi penambang junior – sedemikian rupa sehingga Wall Street mengharapkan mereka mengungguli pasar dan bahkan penjual pendek sekarang memberi mereka posisi yang luas.

Keuntungannya ditemukan dalam beberapa hitungan matematika yang sangat sederhana: Saat Anda adalah penambang junior dengan kapitalisasi pasar kecil dan Anda membuat penemuan yang menunjukkan bahwa Anda sedang duduk di atas penemuan emas yang berpotensi besar, saham Anda menuju keuntungan yang keluar dari dunia ini . Di sinilah akhirnya jutawan dicetak.

Dalam kasus ini, kami sedang melihat penambang kecil yang duduk tepat di samping penemuan emas lainnya. Penambang itu telah bergerak cepat memperluas posisinya dalam gerakan mengapit. Dan sekarang, Amex – yang telah mengumumkan penemuan emas bermutu tinggi – sedang melakukan pengeboran lebih dekat ke Starr Peak, dan angin penemuan mungkin bertiup mendukungnya.

Ada juga perusahaan lain yang ingin memanfaatkan reli harga emas ini. Freeport-McMoRan dikenal karena operasi penambangan tembaga yang signifikan, raksasa sumber daya ini juga memiliki pemasukan emas yang lumayan. Faktanya, tambang Grasberg di Indonesia menyimpan cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia. Tapi itu hanya menggores permukaan aset global penambang. Freeport-McMoRan juga memiliki operasi ekstensif di seluruh Amerika, termasuk tambang di Arizona, Meksiko, dan Peru.

Meskipun bisnisnya kesulitan karena permintaan global untuk tembaga terpukul, aksi beli dari China telah menaikkan harga lebih tinggi dalam beberapa bulan terakhir – dan itu kabar baik bagi Freeport-McMoRan. Selain kenaikan harga tembaga, harga emas mencapai rekor tertinggi, yang akan semakin menambah laba raksasa pertambangan itu.

Freeport-McMoRan telah mengalami tahun yang solid, dengan harga sahamnya melambung dari $ 5,31 kembali pada bulan Maret ke level tertinggi $ 15,70 hari ini, mewakili kenaikan kuat 195% bagi pemegang saham.

Gold Fields telah melambungkan dirinya ke dalam elit pertambangan global dalam beberapa tahun terakhir berkat visi ke depan dan manajemen yang luar biasa. Berbasis di Johannesburg, Afrika Selatan, Gold Fields adalah salah satu pemimpin de facto di wilayah tersebut. Dengan operasi di Afrika Selatan, Ghana, Australia dan Peru, Ladang Emas terdiversifikasi dengan baik.

Pada 2019, Gold Fields memproduksi lebih dari 68 ton logam mulia, naik hampir 8% dari tahun sebelumnya. Dan berkat kenaikan harga emas tahun ini, produksi lebih banyak lagi di akhir tahun 2020. September lalu, Gold Fields diperdagangkan hanya dengan $ 5,12 per saham, tetapi berkat peningkatan produksinya, dan kenaikan dramatis harga emas, sekarang diperdagangkan pada $ 13,15, yang berarti investor yang bertahan telah membawa pulang lebih dari 150% pengembalian – dengan banyak analis menyarankan saham bisa naik lebih tinggi.

Jarang melihat penambang dari luar Amerika Utara di Bursa Efek New York, tetapi Compania de Minas Buenaventura adalah pengecualian. Terdaftar di NYSE pada tahun 1996, Minas Buenaventura telah berhasil menaiki jajaran elit pertambangan global. Saat ini bernilai $ 3,51 miliar, raksasa pertambangan itu jauh dari titik tertinggi sepanjang masa. Tapi itu belum dihitung dulu. Minas Buenaventure terkena enam properti pertambangan berbeda di seluruh dunia yang menghasilkan sekitar 945.000 ons emas setiap tahun. Tapi bukan hanya itu yang terjadi. Ia juga memiliki eksposur ke sejumlah tambang perak yang menghasilkan sebanyak 26,5 juta ons per tahun, dan puluhan ribu metrik ton logam industri seperti seng, timbal dan tembaga dari tambang domestiknya.

Harmony Gold adalah penambang Afrika Selatan lainnya yang telah meledak ke radar investor tahun ini. Meskipun hanya penambang terbesar ketiga di negara ini, ia telah membuat beberapa pergerakan luar biasa di pasar. Di dalam negeri, ia memiliki sembilan tambang bawah tanah di Witwatersrand Basin yang kaya sumber daya dan satu tambang terbuka di Sabuk Kraaipan Greenstone. Ia juga memiliki usaha patungan besar dengan Newcrest Mining di Papua Nugini. Awal tahun ini, Harmony mengumpulkan $ 200 juta untuk mendanai sebagian akuisisi kunci aset AngloGold di negara asalnya. Kesepakatan itu diharapkan dapat meningkatkan produksi emasnya lebih dari tiga kali lipat menjadi sebanyak 1,8 juta ons per tahun.

Kali ini tahun lalu, Harmony diperdagangkan hanya dengan $ 3,22, turun ke level terendah $ 1,93 di bulan Maret sebagai akibat dari penurunan pasar yang lebih luas, tetapi sejak itu telah melonjak 260% dalam hitungan bulan, sekarang diperdagangkan pada $ 6,95 per saham. Sementara tahun lalu, Harmony diperdagangkan hanya dengan $ 3,22, turun ke level terendah $ 1,93 di bulan Maret sebagai akibat dari penurunan pasar yang lebih luas, tetapi sejak itu telah melonjak 260% dalam hitungan bulan, sekarang diperdagangkan pada $ 6,95 per saham.

AngloGold Ashanti adalah perusahaan pertambangan emas terbesar ketiga berdasarkan volume produksi. Dan meskipun telah mengalami beberapa masalah selama dekade terakhir, khususnya pada awal 2010-an ketika pasar emas mengalami pukulan besar yang memaksa banyak penambang, termasuk AngloGold untuk menutup operasi, raksasa pertambangan itu tetap bertahan. AngloGold adalah salah satu penambang yang lebih beragam di planet ini, melindungi dirinya dari masalah peraturan khusus negara atau perselisihan sipil. Ini beroperasi di empat benua termasuk Afrika, Australia, Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Meskipun AngloGold tidak berkinerja sebaik beberapa rekannya selama setahun terakhir, hal itu menunjukkan bahwa AngloGold masih memiliki potensi untuk pertumbuhan jangka panjang. Kembali pada tahun 2015, harga saham perusahaan turun menjadi hanya $ 5,97, tetapi sejak itu, investor yang dapat mempertahankan saham tersebut telah melihat pengembalian 401% selama periode lima tahun.

Penambang Kanada juga ikut berlomba, Yamana Gold. Yamana, baru-baru ini menyelesaikan proyek Cerro Moro di Argentina, memberikan investor sesuatu yang harus diperhatikan. Perusahaan meningkatkan produksi emasnya sebesar 20% hingga 2019 dan produksi peraknya sebesar 200%. Investor dapat mengharapkan peningkatan arus kas bebas yang serius jika harga logam mulia tetap stabil.

Baru-baru ini, Yamana menandatangani perjanjian dengan Glencore dan Goldcorp untuk mengembangkan dan mengoperasikan proyek Argentina lainnya, Agua Rica. Analisis awal menunjukkan potensi umur tambang lebih dari 25 tahun dengan produksi tahunan rata-rata sekitar 236.000 ton (520 juta pon) logam setara tembaga, termasuk kontribusi emas, molibdenum, dan perak, selama 10 tahun pertama operasi.

Perjanjian tersebut merupakan langkah maju yang besar bagi wilayah Agua Rica, dan semua penambang mengerjakannya.

Eldorado Gold Corp. adalah penambang kelas menengah dengan aset di Eropa dan Brasil. Ini telah berhasil memotong biaya per ons secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun harga sahamnya tidak setinggi dulu, Eldorado memiliki posisi yang baik untuk membuat kemajuan yang signifikan dalam waktu dekat. Pada tahun 2018, Eldorado menghasilkan lebih dari 349.000 ons emas, jauh di atas ekspektasi sebelumnya, dan meningkatkan produksinya lebih jauh pada tahun 2019.

Presiden dan CEO Eldorado, George Burns, menyatakan: “Sebagai hasil dari kerja keras tim pada tahun 2018, kami berada pada posisi yang baik untuk meningkatkan produksi emas tahunan menjadi lebih dari 500.000 ons pada tahun 2020. Kami berharap ini akan memungkinkan kami untuk menghasilkan arus kas bebas yang signifikan dan memberi kami kesempatan untuk mempertimbangkan penghentian hutang akhir tahun ini. “

First Majestic Silver, meskipun mereka baru-baru ini mengalami pukulan yang signifikan, karena dolar yang kuat membebani logam mulia yang mengakibatkan laporan pendapatan kuartalan yang buruk, masih banyak bullish di sekitar saham. Menambah angka negatif, bagaimanapun, adalah serangkaian akuisisi yang sangat berharga yang kemungkinan akan berbalik untuk raksasa logam itu dalam jangka menengah hingga panjang.

Fokus utamanya tetap pada penambangan perak, ia juga memiliki sejumlah aset emas. Selain itu, perak cenderung mengikuti jejak emas ketika pasar yang lebih luas mulai terlihat goyah. Dan dengan para analis yang membunyikan alarm perlambatan ekonomi global, kedua logam tersebut kemungkinan akan mendapatkan kembali popularitas di kalangan investor.

Wheaton Precious Metals Corp. adalah sebuah perusahaan yang menjalankan operasi di seluruh dunia. Sebagai salah satu perusahaan ‘streaming’ terbesar di planet ini, Wheaton memiliki perjanjian dengan 19 tambang yang beroperasi dan 9 proyek yang masih dalam pengembangan. Model bisnisnya yang unik memungkinkannya untuk memanfaatkan kenaikan harga di sektor logam mulia, serta memberikan hasil dividen yang berkualitas bagi para investornya. Baru-baru ini, Wheaton menandatangani kesepakatan dengan Hudbay Minerals Inc. terkait dengan proyek Rosemont-nya. Untuk pembayaran awal sebesar $ 230 juta, Wheaton berhak atas 100 persen hutang emas dan perak dengan harga $ 450 per ounce dan $ 3.90 per ounce.

Randy Smallwood, Presiden dan Kepala Eksekutif Wheaton menjelaskan, “Dengan keberhasilan konstruksi terbaru tambang Constancia di Peru, tim Hudbay telah membuktikan diri mereka sebagai pengembang tambang yang kuat dan bertanggung jawab, dan kami sangat senang dengan tim yang sama yang memindahkan proyek ini ke dalam produksi. Rosemont sangat cocok untuk portofolio aset berkualitas tinggi Wheaton, dan ketika sedang berproduksi, harus menambahkan lebih dari lima puluh ribu ekuivalen emas ons ke profil produksi kami yang sudah berkembang. “

Pan American Silver adalah operasi pertambangan kelas dunia dengan proyek aktif di Meksiko, Peru, Kanada, Bolivia dan Argentina. Meskipun perak telah melihat hari-hari yang lebih baik, itu masih menjadi favorit di antara investor yang menyimpan aset safe haven. Baru-baru ini, Pan American melakukan akuisisi besar-besaran atas Tahoe Resources, menyerap saham yang ditempatkan dan beredar.

Michael Steinmann, Presiden dan Chief Executive Officer Pan American Silver, mengatakan: “Penyelesaian Pengaturan menetapkan perusahaan pertambangan perak terkemuka dunia dengan portofolio aset yang terkemuka di industri, profil pertumbuhan yang kuat dan margin operasi yang menarik. Kami juga sekarang perusahaan pertambangan perak terbesar yang diperdagangkan secara publik dengan free float, menawarkan peningkatan skala dan likuiditas kepada investor pertambangan perak. “

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Penjualan Ritel Inggris Tumbuh Lebih Lemah Dari Perkiraan, GBP Terpangkas

Penjualan ritel Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, hal ini menandai akhir tahun yang buruk, sementara utang public naik ke...

Korut lihat diplomasi sebagai cara majukan program nuklir

Pejabat tinggi intelijen AS untuk Korea Utara memperingatkan pada Jumat bahwa negara itu melihat diplomasi hanya sebagai alat untuk memajukan pengembangan senjata nuklirnya, bahkan...

Pemerintahan Biden pertimbangkan fokus pada kebijakan persaingan

Pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden mendatang sedang mempertimbangkan untuk menciptakan jabatan di Gedung Putih yang berfokus pada kebijakan persaingan dan masalah yang berkaitan...

Harga emas melonjak saat dolar AS tertekan prospek stimulus

Harga emas kembali menguat pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), memperpanjang keuntungan untuk hari kedua berturut-turut, karena dolar AS tetap di bawah tekanan. Prospek...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502