IPO ARAMCO Menerima Penawaran Sebesar $44,3 Milyar

JAVAFX – Pihak Saudi Aramco dikabarkan telah menerima tawaran untuk sahamnya sebesar $ 44,3 miliar sejauh ini, kata manajer utama Samba Capital pada hari Jumat (29/11/2019), menempatkan penawaran umum perdana di jalur kelebihan penawaran. Raksasa minyak milik negara itu berencana untuk menjual 1,5% saham perusahaan itu sebanyak 96 miliar riyal ($ 25,6 miliar), sebuah kesepakatan yang akan memberinya nilai pasar $ 1,7 triliun.

Gold Trading

Permintaan keseluruhan sejauh ini total 1,7 kali jumlah saham yang ditawarkan, dengan investor institusi memiliki hingga 4 Desember untuk memasukkan tawaran mereka. Dalam pembaruan pertama tentang minat investor institusional dalam listing, Samba mengatakan telah menerima tawaran dari mereka senilai 118,86 miliar riyal ($ 31,70 miliar).

Tranche ritel penawaran – yang ditutup untuk pelanggan pada hari Kamis – telah memiliki tawaran berjumlah 47,4 miliar riyal ($ 12,64 miliar), sekitar 1,5 kali jumlah saham yang ditawarkan kepada investor ritel. Meskipun kelebihan permintaan dengan nyaman, tingkat minat relatif diredam dibandingkan dengan IPO Saudi lainnya. Ketika National Commercial Bank Arab Saudi terdaftar pada 2014, porsi ritelnya 23 kali lipat.

Aramco mengandalkan permintaan lokal dan regional untuk melakukan listing, setelah membatalkan roadshow pemasaran di luar wilayah Teluk karena kurangnya minat dari investor institusi asing. Sumber lain mengatakan kepada Reuters minggu ini bahwa dana kekayaan negara Abu Dhabi dan Kuwait berencana untuk berinvestasi dalam IPO, yang bisa menjadi yang terbesar di dunia jika melampaui rekor $ 25 miliar yang ditetapkan oleh China Alibaba pada 2014.