Jakson Hole; Powell Berpeluang Ubah Haluan Pasar

Ketua Federal Reserve Jerome Powell akan memiliki kesempatan untuk mengatur ulang ekspektasi pasar keuangan ketika para bankir dari sejumlah bank sentral dunia berkumpul di minggu ini dalam acara pertemuan tahunan di Jackson Hole. Tentu saja pasar akan menyikapi kemungkinan ini, jika Powell berkeinginan dan mengubah haluan pasar tentunya.

Dijadwalkan bahwa Jerome Powell akan berbicara tentang prospek ekonomi pada hari Jumat pukul 10 waktu setempat. Diyakini bahwa salah satu hal yang akan ditekankan adalah pernyataannya kembali soal tekad The Fed untuk terus menaikkan suku bunga guna mengendalikan inflasi. Meski demikian, bisa saja dia akan berhenti memberi sinyal seberapa besar pejabat Fed akan mengambil keputusan dalam pertemuan berkala mereka di bulan depan.

Ini tentu menjadi perhatian utama, tentang seberapa besar Powell akan mengelola kondisi keuangan secara mikros setelah kita melihat pada sejumlah titik di mana ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Pasar meyakini bahwa apabila sejumlah data ekonomi AS tidak menunjukkan perlambatan dan sebaliknya justru melambung, tentu The Fed akan lebih aktif dalam mengelola kondisi keuangannya.

Pidato Powell akan menandai puncak konferensi dua hari di Wyoming tersebut. Acara bergengsi, yang di masa lalu telah digunakan oleh ketua Fed sebagai tempat untuk membuat pengumuman kebijakan utama, menyatukan para pembuat kebijakan top dari seluruh dunia.

Anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa Isabel Schnabel dijadwalkan akan berbicara di hari Sabtu. Gubernur Bank of England Andrew Bailey akan hadir di antara mereka, tetapi Presiden ECB Christine Lagarde tidak berencana untuk hadir.

Bursa saham AS telah reli sejak pertemuan kebijakan terakhir The Fed pada akhir Juli di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa bank sentral akan mulai memperlambat laju pengetatan, serta tanda-tanda bahwa tekanan inflasi mungkin sedang.

Investor sebagian besar tidak terpengaruh oleh pernyataan keras dari pembuat kebijakan di sepanjang jalan bahwa perjuangan mereka melawan inflasi masih jauh dari selesai, meskipun ketua itu sendiri belum berbicara sejak konferensi pers pasca-pertemuan 27 Juli.

Konferensi tahun ini diadakan secara langsung untuk pertama kalinya sejak 2019. Tahun lalu, dipindahkan ke format virtual hanya beberapa hari sebelumnya karena varian delta Covid-19 melanda seluruh negeri. Inflasi pada saat itu telah meningkat jauh di atas target 2% Fed, tetapi dalam pidatonya di forum, Powell menekankan bahwa tekanan itu mungkin akan terbukti sementara, dan tampaknya tidak berbasis luas.

Sekarang, setahun kemudian, inflasi mendekati level tertinggi dalam empat dekade dan Powell telah mengakui bahwa analisis The Fed tidak benar dan pembuat kebijakan seharusnya lebih memilih menaikkan suku bunga lebih cepat.

Dengan latar belakang itu – meskipun laporan bulanan terbaru tentang harga konsumen mengipasi beberapa optimisme bahwa inflasi mungkin telah mencapai puncaknya – Powell mungkin akan tetap pada sikap kerasnya.

The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebesar tiga perempat poin persentase pada pertemuan kebijakan Juli, menyusul kenaikan dengan ukuran yang sama bulan sebelumnya. Gerakan back-to-back menandai laju pengetatan tercepat sejak awal 1980-an.

Saat ini, investor melihat peluang yang sama untuk kenaikan setengah poin atau tiga perempat poin lainnya pada pertemuan The Fed pada pertemuan 20-21 September. Angka Agustus pada pekerjaan dan harga konsumen akan keluar dari Departemen Tenaga Kerja sebelum itu, dan mungkin akan menjadi faktor penentu opsi yang dipilih pejabat Fed.

Di Eropa, pembuat kebijakan memiliki perdebatan serupa tentang seberapa besar kenaikan suku bunga berikutnya. ECB membuntuti rekan-rekannya dalam menanggapi rekor inflasi dan baru saja mulai menaikkan suku bunga pada bulan Juli. Setelah kenaikan setengah poin bulan lalu, banyak pembuat kebijakan belum memberi sinyal apakah mereka condong ke langkah lain seperti itu pada bulan September atau langkah seperempat poin yang lebih kecil karena risiko resesi meningkat.

Sebagai satu-satunya anggota Dewan Eksekutif yang hadir pada konferensi minggu ini, Schnabel akan berbicara dari posisi yang berwenang. Pernyataannya selama panel tentang “prospek kebijakan pasca-pandemi” dapat menjelaskan bagaimana ECB berencana untuk mengatasi tantangan jangka pendek seperti tekanan harga yang sangat tinggi dan ekonomi yang melemah dengan yang jangka panjang yang mencakup perubahan iklim.

Di luar jangka pendek, pertanyaan besarnya adalah seberapa tinggi Fed dan rekan-rekannya di seluruh dunia pada akhirnya akan mengambil suku bunga. Presiden Fed Kansas City Esther George, mengatakan pada Kamis lalu bahwa apakah pembuat kebijakan memilih kenaikan besar lainnya bulan depan atau mulai beralih ke yang lebih kecil, mereka mungkin harus terus menaikkan suku untuk sementara waktu, sampai mereka “sepenuhnya yakin” inflasi menuju lebih rendah.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.