Jerman Siap Jika Brexit Tanpa Kesepakatan

JAVAFX – Jerman sedang mempersiapkan diri menghadapi Brexit tanpa kesepakatan meskipun Berlin sendiri masih lebih suka perceraian Inggris dengan Uni Eropa dengan sebuah kesepakatan, demikian dikatakan seorang juru bicara pemerintah Jerman pada hari Rabu (21/08/2019) sebelum Perdana Menteri Boris Johnson bertemu dengan Kanselir Angela Merkel.

Gold Trading

“Kami selalu mengatakan penarikan Inggris yang teratur dari UE lebih disukai daripada penarikan yang tidak teratur tetapi kami hidup dengan kenyataan dan kami harus mempersiapkan kemungkinan kenyataan,” kata juru bicara pemerintah Steffen Seibert.

Untuk alasan itu, ia menambahkan, kegiatan intens di banyak tingkatan sedang dilakukan untuk membuat persiapan yang diperlukan pada tingkat Eropa dan Jerman.

Kanselir Jerman Angela Merkel sendiri mengatakan dia akan membahas bagaimana memastikan perceraian Inggris dari Uni Eropa semulus mungkin ketika dia mengadakan pembicaraan pada Rabu malam ini dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

“Hari ini saya akan berbicara dengan perdana menteri Inggris, yang mengunjungi saya, tentang bagaimana kita bisa mendapatkan jalan keluar Inggris yang paling bebas gesekan dari Uni Eropa mungkin karena kita harus berjuang untuk pertumbuhan ekonomi kita,” kata Merkel dalam pidatonya di konferensi pada transportasi udara.

Merkel juga menjelaskan bahwa Inggris akan kehilangan haknya di pasar transportasi udara UE, dengan mengatakan perjanjian baru tentang lalu lintas udara harus dinegosiasikan setelah Brexit. Karena ini akan memakan waktu, yang terbaik adalah menyetujui aturan yang jelas untuk periode transisi untuk menghindari gangguan, katanya.

“Tentu saja dalam terang atau menjadi negara ketiga, yang kemudian akan menjadi Inggris, tidak semua keuntungan yang kita miliki di UE dapat dijamin,” katanya. (WK)