Konsumsi Perhiasan Millenial Naik, Dorong Kenaikan Permintaan Emas China

JAVAFX – Bagi banyak konsumen muda Cina yang kaya, kesederhanaan modern sudah tidak ada lagi dan kini banyak diantara mereka kembali ke tradisi lama termasuk dalam hal perhiasan. Penjualan gelang emas, liontin, anting-anting, dan kalung yang bergambar naga, burung phoenix, peony, dan pola serta simbol tradisional Tiongkok lainnya beredar luas di kalangan konsumen, terutama mereka yang berusia 20-an dan 30-an. Hal ini mampu mendorong kenaikan kembali permintaan emas di China setelah merosot akibat pandemi.

Ledakan e-commerce dan kebanggaan nasional memicu peningkatan permintaan untuk apa yang dikenal sebagai perhiasan emas warisan, yang membutuhkan keahlian yang rumit dan dapat memperoleh premi 20% atau lebih dari perhiasan emas konvensional, kata pelaku bisnis emas disana.

Popularitas barang-barang baru ini mulai meningkat pada pertengahan 2020 dan membantu permintaan perhiasan emas di China – konsumen logam terbesar dunia – lebih dari dua kali lipat pada paruh pertama tahun 2021 dari tahun sebelumnya ke tingkat pra-pandemi, menurut ke Dewan Emas Dunia (WGC).

Penguatan ekonomi dan peningkatan belanja konsumen membantu penjualan. Ketertarikan konsumen muda pada desain klasik dan seringkali perhiasan emas chunky dengan hasil akhir matte menandai perubahan selera mereka terhadap logam mulia, yang sebelumnya dihindari sebagai tanda kekayaan dan simbol status yang mencolok bagi generasi yang lebih tua.

Ini juga memberikan dorongan untuk emas pada saat permintaan dari India, konsumen terbesar kedua di dunia, terpukul karena pandemi menunda pernikahan, di mana emas secara tradisional termasuk dalam mas kawin.

Pengecer perhiasan besar China seperti Chow Tai Fook Jewellery Group Ltd yang terdaftar di Hong Kong dan Luk Fook Holdings International Ltd mengatakan koleksi emas warisan mereka berjalan dengan baik terutama di kalangan konsumen muda.

Chow Tai Fook, penjual perhiasan terbesar China berdasarkan nilai pasar, mengatakan koleksi emas warisannya menyumbang 40% dari total nilai penjualan ritel produk emas di daratan China pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2021 – naik dari 29% tahun sebelumnya. Pertumbuhannya lebih cepat daripada perhiasan lainnya.

Bagian dari daya tarik perhiasan emas warisan, terutama di kalangan konsumen muda, mencerminkan keinginan untuk menjadi patriotik di tengah reaksi terhadap merek pakaian Barat di China yang menyatakan keprihatinan atas tuduhan pelanggaran hak di wilayah Xinjiang China. Beijing telah membantah tuduhan itu. Baca selengkapnya

“Generasi muda tumbuh ketika ekonomi China lebih kuat, mereka lebih percaya pada pembangunan China dan mungkin kurang mengagumi budaya Barat,” kata Roland Wang, direktur pelaksana WGC China.

“Mereka ingin memiliki lebih banyak budaya tradisional Tiongkok dalam kehidupan sehari-hari mereka, yang dapat direpresentasikan melalui apa yang mereka kenakan atau bagaimana mereka mendekorasi rumah mereka… Emas warisan dapat memberikan ini.”

Penjualan perhiasan semakin populer dikalangan millenial Beijing, Shanghai dan kota-kota besar lainnya dan didorong dengan ledakan e-commerce, sehingga memberikan konsumen akses ke pilihan produk perhiasan yang jauh lebih banyak, memperkuat tren.

Untuk mengantisipasi permintaan jangka panjang, produsen perhiasan emas meningkatkan investasi pada emas warisan. Seorang manajer di sebuah pabrik yang berbasis di Shenzhen, mengatakan perusahaannya terutama mempromosikan emas warisan tahun ini setelah menerima pesanan besar dari merek dan pelanggan utama. “Penjualan emas pusaka sangat luar biasa pada liburan Tahun Baru Imlek ini, melebihi penjualan perhiasan emas konvensional,” katanya.

“Setelah melihat tren ini, perusahaan kami memperluas penelitian dan pengembangan desain dan teknologi untuk menciptakan lebih banyak desain baru dari emas warisan. Produsen perhiasan emas lainnya di Shenzhen juga melakukan hal yang sama.”

Asosiasi Emas China mengatakan perhiasan emas warisan telah menjadi kekuatan pendorong utama dalam pemulihan industri dari dampak pandemi. Dan pertumbuhan yang cepat tampaknya akan terus berlanjut. Menurut konsultan riset industri dan pasar Beijing Zhiyan Kexin Consulting, pasar emas warisan di Tiongkok meningkat sepuluh kali lipat antara 2017 dan 2019, dan diperkirakan mencapai hampir 100 miliar yuan ($15,43 miliar) pada 2024. Pangsanya di pasar perhiasan emas Tiongkok diperkirakan untuk melompat dari kurang dari 2% pada tahun 2017 menjadi hampir seperempat pada tahun 2024.

“Perusahaan perhiasan emas dengan cepat menyadari pentingnya nilai budaya dan menggali jauh ke dalamnya,” kata konsultan tersebut dalam sebuah laporan tentang emas warisan pada bulan Januari.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.