Liz Truss terpilih sebagai PM Inggris yang baru

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss terpilih sebagai perdana menteri yang baru pada Senin, setelah unggul dalam pemilihan Partai Konservatif untuk menggantikan Boris Johnson.

Setelah berminggu-minggu menjalani kontes kepemimpinan dan bersaing dengan mantan menteri keuangan Rishi Sunak, Truss dinyatakan memenangi pemungutan suara anggota Partai Konservatif dengan perolehan 81.326 suara berbanding 60.399 suara.

“Kita perlu menunjukkan apa yang akan kita berikan selama dua tahun ke depan.

Saya akan menyampaikan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kita,” kata Truss setelah hasil pemilihan diumumkan.

“Saya akan mengatasi krisis energi, menangani tagihan energi masyarakat, tetapi juga menangani masalah jangka panjang yang kita miliki tentang pasokan energi,” ujar dia.

Pengumuman itu akan disusul proses serah terima kepemimpinan dari Johnson, yang terpaksa mengumumkan pengunduran dirinya pada Juli setelah skandal berbulan-bulan melemahkan dukungan terhadap pemerintahannya.

Johnson akan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu Ratu Elizabeth pada Selasa (6/9) untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya.

Truss akan mengikutinya dan diminta untuk membentuk pemerintahan oleh ratu.

Lama menjadi calon terdepan dalam persaingan menggantikan Johnson, Truss akan menjadi perdana menteri keempat dari Partai Konservatif sejak pemilihan 2015.

Selama periode itu, Inggris telah diterpa berbagai krisis dan sekarang menghadapi apa yang diperkirakan akan menjadi resesi panjang yang dipicu oleh lonjakan inflasi yang mencapai 10,1 persen pada Juli.

Truss (47) telah berjanji untuk bertindak cepat mengatasi krisis biaya hidup di Inggris.

Dia mengatakan bahwa dalam waktu seminggu dia akan membuat rencana untuk mengatasi harga energi yang meningkat dan mengamankan pasokan bahan bakar di masa depan.

Truss telah memberi isyarat selama kampanye bahwa dia akan menantang konvensi dengan menghapus kenaikan pajak dan memotong pungutan lain dalam sebuah langkah yang menurut beberapa ekonom akan memicu inflasi.

Truss mengatakan dia akan menunjuk kabinet yang kuat dan menghindari pemerintahan “bergaya presidensial”, kata seorang sumber yang dekat dengannya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.