Mahasiswa Sri Lanka protes pencalonan Wickremesinghe sebagai presiden

Mahasiswa Sri Lanka dan kelompok masyarakat lainnya akan melancarkan protes pada Selasa terhadap rencana Ranil Wickremesinghe untuk mencalonkan diri sebagai presiden, ketika parlemen sedang memproses pencalonan para kandidat untuk jabatan tersebut.

Perdana menteri enam kali itu menjadi presiden sementara menyusul pemberontakan rakyat di tengah krisis ekonomi yang memaksa presiden sebelumnya Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Singapura dan mengundurkan diri.

Para pengunjuk rasa, yang marah dengan kenaikan harga-harga serta kelangkaan pangan dan bahan bakar, ingin agar Wickremesinghe juga keluar dari pemerintahan.

Kandidat lainnya adalah Sajith Premadasa, pemimpin partai oposisi utama Samagi Jana Balawegaya dan putra seorang presiden yang dibunuh, dan Dullas Alahapperuma, anggota parlemen senior partai berkuasa yang menjabat menteri media massa dan juru bicara kabinet.

“Saya ingin rakyat Sri Lanka tahu bahwa saya akan mengambil keputusan tepat pada waktu yang tepat untuk melindungi kepentingan nasional tanah air saya dan hak-hak semua warga Sri Lanka,” kata Premadasa di Twitter sembari mengatakan dia sedang menuju parlemen.

Partai-partai politik di negara itu akan mencalonkan calon presiden mereka pada Selasa.

Pemungutan suara di parlemen akan digelar pada Rabu untuk memilih siapa yang akan menyelesaikan masa jabatan Rajapaksa hingga 2024.

Terhantam pandemi COVID-19 dan kebijakan pemotongan pajak oleh pemerintah Rajapaksa, Sri Lanka berada dalam krisis ekonomi terburuk sejak meraih kemerdekaan dari Inggris pada 1948.

Angka inflasi yang melebihi 50 persen dan kelangkaan pangan, bahan bakar dan obat-obatan telah mendorong ribuan orang turun ke jalan untuk melancarkan protes.

Aksi protes selama berbulan-bulan itu mencapai puncaknya ketika Rajapaksa terguling.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.