Market Outlook Gold (Emas): Kamis, 30 November 2023

0
72
Bearish Bullion

Tren Gold (Emas) H1: Sideway (Datar/Konsolidasi), Bias Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas menghadapi tekanan setelah data ekonomi Tiongkok yang lebih lemah.
Emas melemah atas kenaikan dolar AS setelah data PDB Tahunan AS melampaui ekspektasi.

Outlook:
Emas bertahan di sekitar level 2.040 setelah turun dari level tertinggi enam bulan 2.052 pada hari Rabu, mengikuti pergeseran sentimen pasar dan aksi ambil untung kenaikan saat ini.

Emas berpotensi koreksi atas rebound ringan dolar AS, di sekitar level 102,80, didorong oleh data Produk Domestik Bruto Tahunan AS meningkat 5,2% di kuartal ketiga, dari laporan sebelumnya 4,9% di atas perkiraan 5,0%.

Pernyataan Presiden Federal Reserve (Fed) Cleveland Loretta Mester mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut, meski bergantung pada data, sedikit memengaruhi sentimen pasar.

Kontraksi pada aktivitas manufaktur dan non-manufaktur Tiongkok, yang dapat berdampak pada sentimen ekonomi global dan memengaruhi kenaikan dolar AS, memberikan tekanan pada Emas.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar hari ini fokus pada rilis data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (PCE) AS bulan Oktober yang diperkirakan melambat dengan tingkat tahunan diperkirakan turun dari 3,7% menjadi 3,5%, data Klaim Pengangguran Awal AS yang diperkirakan naik 220.000 dari.

Peluang Trading:
Data ekonomi AS pada hari Rabu sedikit mengubah sentimen pasar dengan PDB AS tumbuh melampaui perkiraan, yang mendorong dolar AS dan yield obligasi AS pulih. Imbasnya, emas mengalami koreksi dari kenaikan saat ini. Data PCE Core Price Index AS hari ini akan menjadi fokus utama pasar hari ini. Jika dirilis melemah, akan memperkuat ekspektasi pasar atas sikap Dovish Fed pada pertemuan FOMC Desember mendatang.

Grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas mengalami koreksi dari kenaikan saat ini, namun masih mempertahankan tren kenaikan dalam lima hari berturut-turut, dan masih bergerak di atas Exponential Moving Average (EMA) yang bergerak stabil. Tren kenaikan ini juga didukung oleh Indikator Relative Strength Index yang bertahan di atas garis tengah (50). Artinya, ada potensi emas kembali koreksi.

Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 2.040 jika koreksi emas terus berlanjut dengan target profit pada level 2.033 hingga level 2.034. koreksi lebih lanjut, emas akan turun menuju level 2.030.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.049, jika emas kembali melanjutkan kenaikannya dengan target profit pada level 2.056 hingga level 2.059.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.