Menlu AS Desak Pakistan Cari Keringanan Utang dari China pasca Diterjang Banjir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menyerukan Pakistan agar meminta keringanan utang dari mitra dekatnya, China, setelah banjir melanda negara Asia Selatan itu.

Blinken, pada Senin (26/9), menjanjikan dukungan kuat dari Amerika Serikat bagi Pakistan yang baru saja dilanda banjir.

Sepertiga bagian negara itu, yang seluas wilayah Inggris, tenggelam oleh banjir.

“Kami mengirim pesan sederhana.

Kami di sini untuk Pakistan, seperti kami lakukan pada bencana alam dulu, melihat ke depan untuk membangun kembali,” kata Blinken setelah pembicaraan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto Zardari.

China adalah mitra utama Pakistan dalam bidang ekonomi maupun politik.

Negara itu menawarkan pembangunan infrastruktur “koridor ekonomi” senilai $54 miliar, yang akan memberi China akses ke Samudra Hindia.

Namun, kepentingan China tersebut juga menghadapi serangan dari kelompok separatis.

Amerika Serikat telah berulang kali menuduh China akan meraup untung sementara Pakistan akan menghadapi utang dari kerja sama yang terjalin antara kedua negara itu.

Hubungan antara AS dan Pakistan sendiri yang terjalin lewat aliansi di masa Perang Dingin kini telah rusak.

Pakistan telah berulang kali menepis peringatan yang disampaikan oleh Amerika Serikat itu, yang menganggap China sebagai pesaing besar globalnya.

Sekitar 1.600 orang, di mana sepertiganya adalah anak-anak, tewas dalam bencana banjir di Pakistan.

Lebih dari tujuh juta orang mengungsi, di tengah kekhawatiran bahwa bencana parah seperti itu akan menjadi rutin karena perubahan iklim.

Amerika Serikat telah menjanjikan bantuan kemanusiaan sebesar $56 juta dan mengirim 17 pesawat yang sarat pasokan, dengan menjanjikan untuk memberikan dukungan jangka panjang.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.