Menlu AS : Rusia dan China, Ancaman Militer & Teknologi terhadap NATO

Menteri Luar Negeri Amerika Anthony Blinken hari Rabu (24/3) mengatakan Rusia dan China sama-sama menimbulkan ancaman militer dan teknologi terhadap NATO.

Berbicara di Brussels setelah melangsungkan pertemuan dengan para menteri luar negeri negara-negara anggota NATO, Blinken mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden “sangat berkomitmen” pada organisasi itu, dan menambahkan kini saatnya memperkuat aliansi “bahkan mungkin dibandingkan sebelumnya.” Ia menambahkan, “Sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joe Biden dalam Konferensi Keamanan di Munich bulan lalu, komitmen kami pada NATO tak tergoyahkan.

Amerika sangat berkomitmen pada NATO, termasuk soal Pasal 5 Perjanjian Atlantik Utara.

Tekad itu saya tegaskan kembali dalam pertemuan NATO pekan ini.

Saya dan Menteri Pertahaan Llyod Austin menunjukkan komitmen yang sama pada sekutu-sekutu kami di Jepang dan Korea Selatan di mana kami baru-baru ini menyelesaikan perundingan tentang perjanjian pembagian beban anggaran, yang akan membantu memastikan kemakmuran dan perdamaian dalam kawasan Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas, dalam beberapa tahun mendatang.” Blinken juga menyoroti ancaman dari Rusia dan China.

“Dari tahun ke tahun ambisi militer China terus meningkat.

Sementara Rusia berupaya merusak tatanan berbasis aturan yang menjamin keamanan kolektif kita,” ujar Blinken.

Ditambahkannya, kedua negara adidaya itu juga siap menggunakan tindakan non-militer “agresif,” termasuk melakukan serangan di dunia maya dan menyebarluaskan disinformasi untuk mengancam “nilai-nilai bersama” di dalam NATO.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden akan Ganti Subsidi BBM dengan Insentif Energi Bersih

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen, Rabu (7/4), merilis perincian proposal kenaikan pajak yang akan mengganti subsidi untuk perusahaan bahan bakar fosil dengan insentif...

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Biden disebut telah buktikan janji kampanye terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut telah membuktikan janji saat kampanye pencalonannya sebagai presiden, terkait kebijakan terhadap Muslim dan Islam. Janji kampanye Biden untuk...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502