Menlu Blinken: Program Nuklir Iran Mengarah pada Kemajuan

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken membela upaya pemerintahan Biden untuk kembali bergabung dalam kesepakatan nuklir dengan Iran, yang dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Ia mengatakan kepada panel senat, program nuklir Iran “benar-benar mengarah pada kemajuan”.

Kesepakatan itu dirundingkan oleh pemerintahan Obama dan dibatalkan selama pemerintahan Trump, yang memberlakukan rangkaian sanksi “tekanan maksimum” terhadap Iran.

Biden sebelumnya mendesak untuk kembali ke kesepakatan nuklir sebagai cara terbaik guna mencegah Iran membangun apa yang disebutnya sebagai program nuklir untuk tujuan damai dan untuk meredam ketegangan di Timur Tengah.

Para perunding Eropa awal bulan ini menyatakan optimisme ketika mereka mengakhiri putaran terakhir pembicaraan di Wina untuk mengembalikan AS dan Iran pada kesepakatan nuklir itu.

“Salah satu masalah terbesar saya adalah besarnya jumlah uang tunai yang diberikan kepada Iran,” kata Senator James Risch, anggota Komisi Hubungan Luar Negeri Senat dari Partai Republik.

“Tidak ada keraguan dalam benak saya bahwa sebagian dari uang tunai itu akhirnya digunakan untuk membayar amunisi yang dijatuhkan di Israel belum lama ini,” katanya.

Blinken mengatakan suka atau tidak, meskipun AS tidak menyukainya, Iran telah terlibat dalam kegiatan-kegiatan, termasuk mendukung Hamas, kelompok teror lainnya, dan antek-anteknya yang terlibat dalam seluruh kegiatan destabilisasi.

Ia menambahkan tindakan “Itu dilakukan sebelum ada JCPOA dan terus dilakukan selama JCPOA, serta makin parah sejak AS keluar dari JCPOA”.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Presiden Biden Resmikan Juneteenth Jadi Hari Libur Nasional

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Kamis (17/6), menandatangani undang-undang yang memberlakukan satu hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat. Juneteenth National...

Dokumen Baru: Trump Menekan Depkeh AS agar Batalkan Kekalahannya dalam Pilpres

Dalam minggu-minggu terakhir masa pemerintahannya, mantan Presiden AS Donald Trump dan para pembantunya menekan Departemen Kehakiman untuk menyelidiki keluhan tentang penipuan pemungutan suara yang...

Biden Akan Sahkan Penetapan Hari Libur Nasional Juneteenth

Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis (17/6) dijadwalkan menandatangani undang-undang yang menetapkan hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di AS. Hari Kebebasan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502