Menlu Iran, Kami Hanya Membela Diri Secara Proporsional

JAVAFX – Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif menulis bahwa Iran telah mengambil tindakan yang tepat ketika menembakkan selusinan rudal ke dua pangkalan Irak sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak A.S. yang menewaskan Jenderal Iran Qassam Soleimani.

Gold Trading

“Iran mengambil [dan] menyimpulkan tindakan proporsional dalam pembelaan diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB; Menargetkan basis dari mana serangan bersenjata pengecut terhadap warga negara kami & pejabat senior diluncurkan, ”tulisnya di Twitter. Teheran, katanya, tidak mencari perang atau eskalasi konflik.

Menurut Pasal 51 Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebuah negara anggota dapat mempertahankan diri setelah serangan bersenjata sampai Dewan Keamanan masuk. Namun, klaim seperti itu kemungkinan akan diperdebatkan oleh para pejabat Gedung Putih, yang mengatakan bahwa Soleimani sudah bertanggung jawab atas kematian puluhan orang Amerika dan merencanakan serangan terhadap tentara Amerika, diplomat, dan fasilitas dalam waktu dekat.

Sebelumnya, pihak Departemen Pertahanan AS telah mengkonfirmasi bahwa Iran meluncurkan lebih dari selusin rudal di pangkalan Al Asad di Irak, yang menampung tentara Amerika, dan pangkalan di Irbil.

“Kami sedang mengerjakan penilaian kerusakan pertempuran awal. Dalam beberapa hari terakhir, dan dalam menanggapi ancaman dan tindakan Iran, Departemen Pertahanan telah mengambil semua langkah yang tepat untuk melindungi personel dan mitra kami. Pangkalan-pangkalan ini telah siaga tinggi karena indikasi bahwa rezim Iran berencana untuk menyerang pasukan dan kepentingan kita di wilayah tersebut. Ketika kami mengevaluasi situasi dan respons kami, kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan personel, mitra, dan sekutu Amerika Serikat di kawasan ini. Karena sifat situasi yang dinamis, kami akan terus memberikan pembaruan saat tersedia, ”kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.