Minyak Mentah Bervariasi Ditengah Kekhawatiran Investor Tentang Kelebihan Stok Pasokan

JAVAFX – Minyak mentah berjangka terpantau menurun pada perdagangan di bursa komoditi hari Selasa (21/4) karena kelebihan stok pasokan untuk pertama kalinya  yang membuat merasa khawatir setelah melihat kejutan tersebut.

Minyak mentah berjangka WTI untuk pengiriman Mei merosot ke level $ 37,63 di sesi sebelumnya menjelang berakhirnya kontrak pada hari Selasa, memukul investor dengan realitas kelebihan stok pasokan.

Hari ini adalah hari yang menghancurkan bagi industri minyak global.

Tapi WTI futures mengembalikan kerugian besar dengan mendapatkan 7,05% menjadi $21,87 pada hari terakhir kontrak Mei. Minyak mentah Brent, yang sudah masuk ke dalam kontrak Juni tidak bisa menahan kenaikan sebelumnya dan turun 0,89% menjadi $25,73.

Kerugian sesi sebelumnya menyoroti sejauh mana permintaan minyak telah menyusut karena pandemi Covid-19 dan mulai mempengaruhi harga. Bahkan kesepakatan OPEC+ awal April untuk memangkas produksi hampir 10 juta barel mulai 1 Mei mungkin tidak cukup untuk menebus permintaan yang hilang.

“Minyak berjangka terus menentang gravitasi. Momen ini tentu saja historis dan tidak bisa menggambarkan dengan lebih baik pada harga, ketika skala penuh masalah kelebihan pasokan mulai menjadi jelas tetapi pasar tetap tidak menyadari.

Masalah sebenarnya dari ketidakseimbangan pasokan-permintaan global sudah mulai benar-benar terwujud dalam harga. Karena produksi terus relatif tanpa cedera, penyimpanan mulai terisi dari hari ke hari.

Sekalipun pemotongan produksi minyak OPEC+ akan dimulai pada 1 Mei, persediaan dan inventaris akan mengetat secara signifikan dalam 2H′20, 4-6 minggu ke depan mengalami kesulitan penyimpanan yang parah, kemungkinan akan mendorong realisasi harga liar dan pemutusan yang tidak biasa, termasuk supercontango dan harga negatif.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.