Parlemen Irak Dukung Keputusan PM, Usir Semua Pasukan Asing

JAVAFX – Parlemen Irak pada hari Minggu (05/01/2020) mendukung rekomendasi oleh perdana menteri bahwa semua pasukan asing harus dikeluarkan setelah AS membunuh seorang komandan militer Iran dan seorang pemimpin milisi Irak di Baghdad.

Sebuah sesi khusus mengeluarkan resolusi yang mengatakan bahwa pemerintah yang dipimpin Syiah, yang dekat dengan Iran, harus membatalkan permintaan bantuan dari koalisi yang dipimpin A.S.

“Terlepas dari kesulitan internal dan eksternal yang mungkin kita hadapi, itu tetap yang terbaik untuk Irak secara prinsip dan praktis,” kata perdana menteri sementara Adel Abdul Mahdi, yang mengundurkan diri pada November di tengah protes jalanan.

Dia kemudian mengatakan kepada menteri luar negeri Prancis bahwa para pejabat Irak sedang bekerja untuk mengimplementasikan resolusi tersebut.

Pertemuan ini dilakukan setelah serangan pesawat tak berawak A.S. pada hari Jumat di bandara Baghdad menewaskan komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani, arsitek dorongan Iran untuk memperluas pengaruhnya di seluruh wilayah, dan pemimpin milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis.

Para pemimpin Muslim Syiah yang merupakan saingan, termasuk yang menentang pengaruh Iran, telah bersatu sejak saat itu dalam menyerukan pengusiran pasukan AS, dan penggantinya yang akhirnya Abdul Mahdi hampir pasti akan mengambil pandangan yang sama.

Namun, salah satu anggota parlemen Muslim Sunni mengatakan minoritas Arab dan Kurdi Sunni khawatir pengusiran koalisi yang dipimpin AS akan membuat Irak rentan terhadap pemberontakan, merusak keamanan, dan semakin memberdayakan milisi Syiah yang didukung Iran.

Sebagian besar anggota parlemen Sunni dan Kurdi memboikot sesi tersebut, dan 168 anggota parlemen yang hadir hanya tiga kali lebih banyak dari kuorum.

Anggota parlemen dari milisi Asaib Ahl al-Haq yang didukung Iran, yang mengatakan Departemen Luar Negeri AS pada hari Jumat mengatakan akan menunjuk organisasi teroris asing, membawa potret Soleimani dan Muhandis.

“Tidak perlu kehadiran pasukan Amerika setelah mengalahkan Daesh (Negara Islam),” Ammar al-Shibli, seorang anggota parlemen Syiah, mengatakan sebelum sesi. “Kami memiliki angkatan bersenjata kami sendiri yang mampu melindungi negara.”

Terlepas dari beberapa dekade permusuhan antara Teheran dan Washington, milisi yang didukung Iran dan pasukan AS bertempur di pihak yang sama selama perang Irak 2014-2017 melawan militan Negara Islam.

Sekitar 5.000 pasukan A.S. tetap di Irak, sebagian besar dalam kapasitas penasehat.

Banyak warga Irak, termasuk penentang Soleimani, marah dengan Washington karena membunuhnya dan Muhandis di tanah Irak, berpotensi menyeret negara mereka ke dalam konflik lain.

Resolusi parlemen tidak cukup untuk beberapa pemimpin Syiah, seperti ulama berpengaruh Moqtada al-Sadr, yang milisinya telah memerangi pasukan A.S. di masa lalu.

“Saya menganggap ini sebagai respons yang lemah, tidak memadai terhadap pelanggaran Amerika terhadap kedaulatan Irak dan eskalasi regional,” Sadr, yang memimpin blok terbesar di parlemen, mengatakan dalam sebuah surat kepada majelis.

Sadr mengatakan perjanjian keamanan dengan Amerika Serikat harus segera dibatalkan, kedutaan AS ditutup dan pasukan AS dikeluarkan dengan cara yang “memalukan”.

Sang ulama, yang mengatakan dia menentang campur tangan AS dan Iran, tampaknya bergerak lebih dekat ke orbit Teheran dengan bersekutu dengan saingannya yang didukung Iran.

“Saya menyerukan kelompok-kelompok perlawanan Irak dan kelompok-kelompok di luar Irak untuk segera bertemu dan mengumumkan pembentukan Legiun Perlawanan Internasional,” katanya. (WK)

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

HRW: Biden Harus Ubah Kebijakan HAM AS

Presiden terpilih AS Joe Biden harus membawa "perubahan mendasar" pada kebijakan hak asasi manusia Amerika dan mengizinkan investigasi kriminal terhadap Presiden Donald Trump untuk...

DPR AS Resmi Makzulkan Presiden Trump

DPR AS pada hari Rabu (13/1) dengan suara 232-197 resmi memakzulkan Presiden Donald Trump dan menjadikannya presiden AS pertama yang dimakzulkan dua kali. Trump dimakzulkan...

Aksi Jual Bank Sentral Memberikan Tekanan Harga Emas

JAVAFX - Dalam laporan World Gold Council terkini, Bank sentral di seluruh dunia rata-rata menjadi penjual emas pada bulan November. Umumnya mereka menjual lebih...

Setelah Turun Secara Dramatis, Indikasi Kenaikan Harga Emas Masih Solid

JAVAFX - Pada perdagangan diakhir pekan, Jumat (08/01/2021) harga emas mengalami penurunan sebesar $ 66 yang dramatis dan membawa harga emas di bawah rata-rata...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502