PBB minta Iran setop penggunaan kekuatan berlebihan pada demonstran

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Volker Turk meminta otoritas Iran untuk menghentikan penggunaan kekuatan yang “tidak perlu dan tidak proporsional” terhadap pengunjuk rasa.

“Kita sekarang berada dalam krisis hak asasi manusia.

Penggunaan kekuatan yang tidak perlu dan tidak proporsional harus diakhiri,” kata Turk dalam pidatonya kepada Dewan HAM PBB, Kamis.

Dia menyatakan bahwa sejauh ini, lebih dari 300 orang telah tewas, termasuk lebih dari 40 anak, sementara sekitar 14.000 orang ditangkap dalam unjuk rasa besar-besaran di Iran yang dipicu kematian Mahsa Amini.

Amini (22) meninggal pada 16 September 2022 di tahanan setelah ditangkap oleh polisi susila karena pakaiannya dianggap tidak pantas.

Dewan HAM melakukan sesi debat tentang mosi yang diajukan oleh kelompok 50 negara yang dipimpin Jerman dan Islandia tentang pembentukan misi pencari fakta untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM sejak gelombang protes melanda Iran.

Pertemuan tersebut dipandang sebagai ujian penting bagi pengaruh Barat di Dewan HAM, menyusul kegagalan bulan lalu untuk menciptakan pengawasan yang lebih besar terhadap catatan HAM China.

Di lain pihak, Iran menyebut debat itu memalukan dan mengerikan.

Iran telah melobi untuk menentang mosi tersebut dan mengirim seorang perwakilan ke Jenewa awal bulan ini untuk mendesak negara-negara agar memberikan suara menentang resolusi tersebut.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.