PBB sebut dialog untuk krisis pascakudeta di Sudan segera dimulai

Misi PBB di Sudan mengatakan dialog dimulai pada Senin (10/1) dengan tujuan meluncurkan negosiasi langsung untuk menyelesaikan krisis politik di negara itu setelah kudeta yang terjadi pada Oktober 2021.

Pengambilalihan kekuasaan oleh militer di Sudan telah menggagalkan transisi menuju pemilihan umum.

Tentara telah setuju untuk berbagi kekuasaan dengan kelompok-kelompok sipil setelah penggulingan terhadap otokrat Islam Omar al-Bashir dalam suatu pemberontakan pada 2019.

Kudeta oleh militer Sudan itu juga menghentikan pembukaan ekonomi yang membuat Sudan mulai bangkit dari isolasi dan sanksi selama beberapa dekade.

Tindakan keras oleh pasukan keamanan terhadap aksi protes massal, yang sering terjadi sejak kudeta, telah menewaskan lebih dari 60 warga sipil dan mengakibatkan banyak korban luka.

Pembicaraan awal yang dimulai pada Senin akan memerlukan konsultasi yang luas dengan sejumlah individu untuk dapat pindah ke fase kedua negosiasi langsung atau tidak langsung antara pihak-pihak yang berbeda, kata perwakilan khusus PBB Volker Perthes pada sebuah konferensi pers di Khartoum pada Senin (10/1).

“Kami ingin bergerak cepat…

Kami mulai (dialog) sore ini dengan kelompok pertama dari masyarakat sipil.

Setiap hari kami akan memiliki berbagai pemangku kepentingan yang kami ajak bicara,” katanya.

Perthes mengungkapkan ada kesulitan dalam menetapkan kerangka waktu untuk memulai negosiasi.

“Waktu sangat berharga, kami tahu itu.

Ada banyak tekanan pada situasi di Sudan dan pada kami,” ujarnya.

Para analis dan diplomat mengatakan bahwa keadaan ekonomi Sudan dapat memburuk dan ketidakstabilan dapat menyebar di dalam dan di luar perbatasan negara itu kecuali jika jalur baru untuk transisi dan jalan menuju pemilihan umum yang kredibel ditemukan.

“Saya berharap konsultasi ini dapat menjadi semacam langkah membangun kepercayaan dan akan membantu setidaknya mengurangi tindakan kekerasan,” kata Perthes.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.