Peluang Trading GBPUSD: Kamis, 21 Maret 2024

0
148
Pound Sterling

Tren GBPUSD Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
GBPUSD pertahankan kenaikan atas melemahnya dolar AS setelah Fed mempertahankan suku bunga dan isyaratkan beberapa penurunan suku bunga sebelum akhir tahun. Pasar kemungkinan akan konsolidasi sampai pengumuman kebijakan BoE yang secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga.

Outlook Fundamental:
GBPUSD mempertahankan momentum kenaikan dan saat ini berada di level 1,2797 setelah keputusan suku bunga the Fed dan konferensi pers Jerome Powell, yang bernada dovish melemahkan dolar AS.

The Fed pertahankan suku bunga di kisaran antara 5,25% dan 5,5%. Ketua Fed Jerome Powell isyaratkan penurunan suku bunga sebelum akhir tahun ini tanpa menyebutkan kapan penurunan pertama.

dolar AS tertekan di level 102,80, melanjutkan penurunan kemarin dengan yield obligasi AS yang saat ini berada di 4.26% turun dari 4.35% di sesi Rabu menambah tekanan pada dolar AS.

Sementara itu, Bank of England (BoE) yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di 5,25% hari ini akan menahan pergerakan pasar. Data CPI di Februari mungkin membuat BoE tetap berada di jalur pemangkasan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan fokus pada keputusan suku bunga BoE, bersama dengan data awal S&P Global PMI Inggris untuk bulan Maret dan data S&P Global PMI AS, yang diikuti dengan data Klaim Pengangguran mingguan dan Existing Home Sales yang dapat memberikan arah pada pasangan GBPUSD.

Peluang Trading:
Pasca kenaikan kemarin, arah GBPUSD selanjutnya akan dipengaruhi oleh keputusan suku bunga BoE. Jika BoE mempertahankan suku bunga seperti yang diperkirakan, GBPUSD akan melemah, mengingat data ekonomi Inggris menunjukkan pertumbuhan yang lemah dan inflasi yang masih tinggi. Namun, masih akan pertahankan momentum, karena pelemahan dolar AS pasca the Fed juga mempertahankan suku bunga.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan pasangan GBPUSD terlihat konsolidasi di bawah level 1.2790 dan masih berjuang melanjutkan momentum kenaikannya. Harga yang saat ini berada di atas lintasan Exponential Moving Average (EMA), tapi pergerakan EMA50 yang mencoba menembus ke atas EMA100 dapat menjadi indikasi kelanjutan kenaikan pasangan Cable ini. Tapi, Relative Strength Index (RSI) yang saat ini berada sedikit di atas garis tengah Overbought menunjukkan pasangan ini rentan mengalami koreksi. Kenaikan harga menembus 1.2800 membuka peluang harga naik ke area 1.2815 hingga 1.2815. Sebaliknya, jika gagal, membuka peluang harga turun ke sekitar level 1.2770.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.2803, dengan target profit di level 1.2810 hingga 1.2815.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.2783, dengan target profit di level 1.2777 hingga 1.2773.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.