Peluang Trading Gold: Kamis, 2 Mei 2024

0
199

Tren Gold (Emas): Bearish (Timeframe H4)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas hari ini berpotensi gagal melanjutkan kenaikan kemarin yang didorong oleh Federal Reserve (Fed) yang masih mempertahankan suku bunga, secara perlahan mengurangi kepemilikan aset keuangan, dan penurunan suku bunga tidak akan dilakukan hingga inflasi secara konsisten turun menuju target 2%.

Outlook:
Emas naik tajam di atas level 2300, rebound dari level 2283 di hari Rabu dan saat ini sideway di sekitar level 2320-2325, setelah kebijakan moneter terbaru Fed melemahkan dolar dan yield obligasi AS.

The Fed mempertahankan suku bunga di 5,25%-5,50% dan akan mengurangi kepemilikan aset keuangan. Ketua Fed Jerome Powell gagal memberikan arahan terkait penurunan suku bunga di sisa tahun ini.

Indeks dolar AS mencoba pulih dari penurunan tajam kemarin dari level 106.35 ke level 105.28, saat ini berada di sekitar level 105.65. Yield obligasi AS 10 tahun saat ini di 4.62% turun dari 4.69%.

Mulai Juni, bank sentral AS akan mengurangi pengurangan kepemilikan surat berharga obligasi AS bulanan dari $60 miliar menjadi $25 miliar, menandakan perubahan pendekatan atas normalisasi aset.

Rebound emas dimulai setelah rilis data ekonomi AS yang beragam. Data ADP sektor swasta yang tumbuh di atas ekspektasi, JOLTs Job Opening yang turun dari bulan lalu dan data PMI manufaktur AS yang menunjukkan kondisi ekonomi AS yang tertahan.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini akan fokus pada rilis data klaim tunjangan pengangguran AS Indeks PMI Manufaktur ISM AS dan data tenaga kerja ADP, yang akan dirilis sebelum hasil pertemuan FOMC.

Peluang Trading:
Secara fundamental, pasar memanfaatkan keputusan kebijakan moneter the Fed yang mempertahankan suku bunga, yang diikuti dengan pernyataan Jerome yang sedikit dovish dan gagal mengangkat indeks dolar dan yield obligasi AS dan mendorong daya tarik logam mulia.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas terlihat masih cukup lemah untuk melanjutkan kenaikan di sesi Rabu. Sementara itu, harga pada grafik Timeframe H4 juga menunjukkan indikasi emas kesulitan untuk melanjutkan rebound kemarin, melihat harga yang turun ke bawah Moving Average (MA)100 setelah gagal menembus MA50 yang diperkuat dengan Relative Strength Index yang kembali turun dan menuju garis tengah (50). Penurunan lebih lanjut yang diikuti dengan RSI menembus ke bawah level 50 berpotensi membawa emas melemah dan turun menuju level 2300. Jika harga cukup kuat melanjutkan kenaikan kemarin menembus dan bertahan di atas MA50, emas berpotensi naik ke level 2240.
Pertimbangan SELL di level 2314, target profit di 2308/2303.
Pertimbangan BUY di level 2326, target profit di 2336/2340.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.