Pengantar Analisa Teknikal Multi – Time Frame

Analisa multi – time frame (juga dikenal sebagai analisis kerangka waktu ganda) memungkinkan trader untuk fokus pada waktu perdagangan yang tepat serta membantu mengidentifikasi kapan tren mungkin mencapai titik jenuh. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana menggunakan metodologi ini pada pasangan mata uang EUR/AUD.

Manfaat Analisis Multi-Time Frame

Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya tentang garis tren dan pitchfork / garis median digunakan untuk menemukan zona reaksi utama dalam harga. Prinsip-prinsip yang sama ini dapat diterapkan pada beberapa kerangka waktu untuk menawarkan pandangan yang lebih lengkap tentang tren pasar saat ini.

Idenya adalah, ‘melihat hutan melalui pepohonan’ – dengan kata lain, sebelum memasuki perdagangan berdasarkan pengaturan tertentu, Anda akan selalu ingin memiliki pendapat yang lebih luas tentang di mana pasar relatif terhadap tren. Dengan melihat aksi harga dalam berbagai kerangka waktu, kami dapat mengidentifikasi kemungkinan titik masuk dalam kenaikan / penurunan harga tertentu serta membantu dalam mengatur waktu pergerakan ini.

EURAUD Harian

Pertimbangkan grafik harian EURAUD di atas. Pasangan mata uang ini diperdagangkan dalam tren penurunan yang jelas dari level tertinggi 2015 dengan formasi kanal menurun yang menyoroti support ke posisi terendah April di sekitar 1,3678. Seperti dibahas dalam pelajaran sebelumnya, pertemuan garis tren & harga tertinggi / terendah utama akan sering mewakili area support & resistance yang lebih signifikan. Dalam contoh ini, harga sedang menguji support tren turun – fokus saat ini bergeser ke gambaran jangka pendek untuk kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana kita akan memperdagangkan peluang rebound ini.

Hanya karena harga di level support, tidak berarti kita dapat berasumsi begitu saja akan bertahan. Harga perlu menetapkan beberapa bentuk perubahan perilaku sebelum kita dapat melihat perdagangan melawan tren yang lebih luas. Saat kita menelusuri dalam grafik 4 jam, formasi kanal penurunan jangka pendek yang tertanam dapat diidentifikasi (merah). Penembusan di atas resistance saluran karena harga keluar dari support utama akan menggeser fokus jangka pendek lebih tinggi pada pasangan mata uang dan akan berfungsi sebagai ‘pemicu’ kami untuk masuk ke perdagangan.

Untuk mengidentifikasi target teratas, kita dapat menerapkan formasi pitchfork naik dari level low-high-low terbaru untuk membangun slope. Target awal pada perdagangan seperti itu akan berada di garis median (bisector) dari pola dengan fokus tertimbang ke sisi atas sementara di atas paralel garis median bawah.

Multi – Time Frame

Majukan beberapa minggu dan pasangan mata uang memang menembus di atas resistance kanal bawah dan kembali menguji garis tersebut sebagai support (entri panjang). Pergerakan berlanjut ke garis median diikuti oleh penembusan dan reli ke paralel garis median atas beberapa hari kemudian. Contoh sederhana ini mengilustrasikan bagaimana menganalisis aksi harga melalui berbagai lensa waktu dapat membantu mengidentifikasi peluang trading dalam konteks tren yang lebih besar (juga disebut tren utama). Sering kali tren sekunder (atau bahkan tersier) dalam pola-pola ini akan menawarkan pengaturan jangka pendek untuk diperdagangkan terhadap tren primer.

Poin Utama Tentang Analisa Multi – Time Frame

Beberapa aspek penting yang perlu diingat saat menggunakan analisa multi – time frame

  • Terlalu banyak kerangka waktu justru membuat tidak berguna – Beberapa jatuh ke dalam perangkap mencoba waktu masuk / keluar ketika semua kerangka waktu sejajar dengan sinyal- tetapi ini jarang terjadi.
  • Saat menurunkan skala kerangka waktu, gunakan rasio 1 : 4 hingga 1 : 6 antara pemicu dan kerangka waktu tren. Misalnya, jika Anda trading pada grafik empat jam, carilah grafik harian untuk analisa tren. Jika Anda mencoba trading dengan satu jam – lihat grafik empat jam untuk analisis tren.
  • Kenali saat Anda melakukan trading melawan-tren – Sering kali gambaran jangka pendek akan menawarkan pengaturan terhadap tren utama seperti contoh EURAUD di atas. Penting untuk mendekati perdagangan dengan lebih hati-hati, yang berarti leverage yang lebih rendah dan level stop yang lebih konservatif.

Analisis multi – time frame memungkinkan trader untuk fokus pada waktu perdagangan yang tepat serta membantu mengidentifikasi kapan tren mungkin mencapai kejenuhan. Dalam contoh di atas, jika EURAUD tetap berada dalam batasan formasi kanal penurunan jangka pendek, tidak ada upaya yang akan dilakukan pada sisi panjang. Dengan hal yang sama, jika kita tidak melihat perdagangan dalam konteks tren yang lebih luas yang disorot pada grafik harian, kita mungkin telah melewatkan perubahan semuanya. Dengan mengingat hal itu, selalu lakukan perdagangan dalam konteks tren utama dan cari aksi harga jangka pendek untuk menawarkan pemicu dalam waktu dan harga.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

AS minta penggunaan vaksin COVID Johnson & Johnson dihentikan

Badan kesehatan federal Amerika Serikat pada Selasa meminta agar penggunaan vaksin COVID-19 dosis tunggal Johnson & Johnson dihentikan setelah enam penerima vaksin mengalami kelainan...

Presiden Biden akan Berpidato di Kongres pada 28 April

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres pada 28 April. Pidato itu akan disampaikan sewaktu Biden mencapai 100 hari menjabat,...

Biden: Pengayaan uraninum Iran 60 persen tak membantu

Presiden AS Joe Biden pada Jumat (16/4) mengatakan pengayaan uranium Iran hingga 60% tidak membantu, tapi mengatakan dia senang Teheran masih berbicara tidak langsung...

Sampaikan Pesan Ramadan, Biden Kutip Surat An Nur

Presiden Amerika Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden Senin sore (12/4) menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadan kepada seluruh komunitas Muslim...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502