Pengawasan Terhadap Bisnis Perumahan, AUDUSD Di Prediksi Tetap Menguat

Menteri Keuangan Australia, Josh Frydenberg telah mengadakan diskusi dengan Reserve Bank of Australia dan pengawas regulasi mengenai panasnya pasar properti. Dia memperingatkan bank-bank di Australia melalui radio ABC bahwa RBA dan pengawas regulasi Australia sama-sama memiliki alat untuk membatasi kecepatan bank mengucurkan kredit perumahan dan memastikan standar pemberian pinjaman ditegakkan.

Gubernur RBA Philip Lowe mengatakan pasar perumahan semakin menguat, dengan harga naik di sebagian besar yurisdiksi, sementara pertumbuhan kredit perumahan untuk pemilik-penghuni telah meningkat, dengan permintaan yang kuat dari pembeli rumah pertama.

“Mengingat kondisi kenaikan harga rumah dan suku bunga rendah, bank akan memantau tren pinjaman perumahan dengan hati-hati dan penting untuk menjaga standar pinjaman,” kata Dr Lowe.

Angka terbaru menunjukkan harga rumah telah tumbuh paling cepat dalam 32 tahun, sementara pinjaman rumah dan persetujuan ijin bangunan berada pada, atau mendekati, rekor tertinggi. Secara khusus, permintaan hipotek dari pembeli rumah pertama berada pada level tertinggi 12 tahun.

“Fakta bahwa suku bunga rendah secara historis memberikan kesempatan bagi pembeli rumah pertama untuk masuk ke pasar,” kata Frydenberg. Dia juga percaya jika nilai rumah mereka naik, orang akan lebih percaya diri untuk berbelanja.

Namun antusiasme seperti itu gagal meluas ke kepercayaan dalam seminggu terakhir, yang turun dengan margin terbesar sejak akhir Maret tahun lalu, ketika ekonomi pertama kali dilanda pandemi COVID-19. Indeks kepercayaan konsumen mingguan ANZ-Roy Morgan jatuh 4,6 persen.

Ekonom senior ANZ Catherine Birch menyalahkan Lockdown selama tiga hari di Greater Brisbane menjelang Paskah dan berakhirnya subsidi upah JobKeeper.

“Sejarah menunjukkan kepercayaan cenderung bangkit kembali dengan cepat setelah Lockdown berakhir sehingga kita akan melihat kepercayaan meningkat selama beberapa minggu mendatang,” katanya. “Mungkin saja, penghentian JobKeeper pada 28 Maret akan berdampak lebih lama pada kepercayaan konsumen.”

Namun, penguatan pasar perumahan memberikan dorongan bagi industri konstruksi, dengan pesanan baru, lapangan kerja dan pemasok mencapai rekor tertinggi. Kinerja indeks konstruksi Australian Industry Group / Housing Industry Association naik 4,4 poin menjadi 61,8 di bulan Maret, hasil bulanan terkuat dalam sejarah indeks.

“Perbaikan yang sudah berlangsung cepat dalam industri konstruksi mengangkat gigi lain,” kata kepala kebijakan Ai Group Peter Burn. “Pekerjaan tumbuh pada laju paling cepat dalam sejarah seri dan upah naik lebih cepat daripada kapan pun sejak krisis keuangan global.”

Jika koreksi turun AUDUSD gagal menembus support kuat di level 0.7630, maka AUDUSD di prediksi akan kembali naik 0.7720-0.7780.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Prospek Pasar Minyak AS Menjanjikan, Harga Terangkat Naik

JAVAFX - Harga minyak naik pada hari Senin (12/04/2021) di tengah harapan bahwa permintaan bahan bakar meningkat di Amerika Serikat saat musim liburan musim...

Sterling Loss 2,5% Terhadap Euro Sebelum Berakhirnya Lockdown.

Nilai tukar Pound Sterling turun secara keseluruhan selama seminggu terakhir, terutama terhadap Euro dan Dolar dengan GBPEUR melihat posisi terendah 1,1480 dan GBPUSD serendah...

Trump akan bantu Republik menangi kursi Kongres 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan...

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502