AS: Sulit Pembicaraan Kesepakatan Nuklir Iran

Pejabat-pejabat dari lima negara kuat dunia berada di Wina, Austria, Selasa (6/4), untuk memulai upaya baru mengajak Amerika Serikat (AS) kembali ke pakta nuklir yang mereka tandatangani dengan Iran pada 2015, dan gagal.

Ini upaya diplomatik guna menyeimbangkan kekhawatiran dan kepentingan Amerika dan Iran.

Juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, di Washington mengatakan AS menyadari ini akan menjadi pembicaraan yang sulit, akan ada diskusi yang alot ke depan, tetapi ini adalah langkah maju yang sehat.” Pertemuan utusan dari Rusia, China, Jerman, Perancis, Inggris dan Iran itu terjadi sementara AS dijadwalkan memulai pembicaraan tidak langsung dengan Iran.

Ini akan menjadi salah satu tanda pertama kemajuan nyata dalam upaya mengembalikan kedua negara ke pakta itu, yang membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi AS dan internasional.

Pada 2018, Presiden Donald Trump menarik Amerika secara sepihak keluar dari perjanjian itu.

Sejak itu, Iran terus melanggar pembatasan dalam pakta, seperti menambah jumlah uranium yang diperkaya yang bisa ditimbunnya dan kadar kemurnian yang bisa diperkaya.

Langkah itu dinilai untuk menekan negara-negara lain dalam pakta agar lebih banyak berbuat untuk mengimbangi sanksi Amerika yang melumpuhkan yang diterapkan kembali semasa pemerintahan Trump.

Menurut Iran, Amerika lebih dulu melanggar dengan keluar, jadi harus mengambil langkah pertama dengan mencabut sanksi.

“Seruan agar Amerika mengambil tindakan sepihak atau tawaran perdamaian, sementara Iran tidak melakukannya, menurut saya, tidak konstruktif,” kata Price.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Emas Berjuang Menemukan Arah Perdagangan Pekan Ini

JAVAFX - Harga emas nampak berusaha menemukan arah perdagangan diawal minggu ini, pada Senin (12/04/2021). Kenaikan akan berlanjut jika harga emas mampu bertahan dan...

Sampaikan Pesan Ramadan, Biden Kutip Surat An Nur

Presiden Amerika Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden Senin sore (12/4) menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadan kepada seluruh komunitas Muslim...

Trump akan bantu Republik menangi kursi Kongres 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan...

Harga Emas Terkoreksi, Komitmen Kenaikan Siap Diuji

JAVAFX - Harga emas turun pada hari Rabu (07/04/2021) sehari setelah mencapai puncak lebih dari satu minggu, sebagai data ekonomi yang kuat dari Amerika...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502