Potensi Bullish Emas Yang Masih Cukup Lemah

Kenaikan emas dalam dua hari berturut-turut hingga sesi Jumat sedikit terhambat dan terus berada di sekitar, dekat, area 1.840. Penurunan emas ini seiring dengan meningkatnya open interest terhadap logam kuning tersebut, yang mendukung pelemahan lebih lanjut dalam waktu dekat. Namun, emas masih memiliki potensi untuk menuju ke area 1.880 yang menjadi level tertinggi bulan ini.

Sebelumnya, harga emas sempat menunjukkan rebound yang cukup menjanjikan sejak awal perdagangan sesi Asia dia di atas 1.835,00 meski sempat merasakan tekanan jual di pembukaan. Bahkan logam mulia itu sempat membentuk level tertinggi hariannya di atas level 1.845,00.

Open interest di pasar emas berjangka naik untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Jumat, kali ini sekitar 5,3 ribu kontrak menurut laporan lanjutan dari CME Group. Volume, sebaliknya, menyusut untuk hari kedua berturut-turut, sekarang sekitar 41,2 ribu kontrak.

Tren XAUUSD di awal pekan ini cenderung sideway dan bergerak di antara level support dan resistance terdekatnya. Data ekonomi di awal pekan ini masih cukup sepi, namun fokus pasar akan tertuju pada pidato dua hari Ketua Fed Jerome Powell tentang laporan kebijakan moneter semi-tahunan bank untuk mencari petunjuk lebih lanjut tentang jalur kenaikan suku bunganya.

Selanjutnya, kekhawatiran yang berkembang atas prospek kenaikan suku bunga Fed yang agresif dan dampaknya terhadap pertumbuhan global melemahkan aset risk appetite, yang pada gilirannya, menopang greenback dan menyeret logam kuning tersebut.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.