Rangkuman Berita Pasar Forex Dan Emas: 2 September 2022

  • Rusia akan mulai melanjutkan pasokan gas melalui pipa utamanya ke Eropa, kelegaan bagi pasar ketika kekhawatiran tentang penghentian akan berlanjut pada musim dingin ini.
  • Ekspor Jerman turun 2,1% pada Juli dari Juni, sementara angka Juni mengalami revisi penurunan menjadi kenaikan hanya 4,1%, namun lebih baik dari perkiraan penurunan 2,3%.
  • Harga minyak naik di sesi Jumat atas perkiraan bahwa OPEC+ akan membahas pengurangan produksi pada pertemuan pada 5 September, di tengah kekhawatiran lemahnya ekonomi global.
  • Pejabat Fed mengakui bahwa upaya pengendalian inflasi akan dibayar dengan kehilangan pekerjaan, dan bank sentral AS harus meminimalisir risiko atas kenaikan suku bunga.
  • Menteri keuangan G7 diharapkan untuk memperkuat rencana pemberlakuan batasan harga pada minyak Rusia guna memangkas pendapatan untuk perang Moskow di Ukraina.
  • Dolar naik ke level tertinggi 20 tahun dan mencapai puncak 24 tahun terhadap yen Jepang yang sensitif terhadap suku bunga, setelah data menunjukkan ekonomi AS cukup tangguh.
  • September dimulai dengan catatan suram atas berlanjutnya kekhawatiran suku bunga global dan resesi memburu saham, obligasi dan mendorong dolar AS ke level tertinggi 24 tahun.
  • Bank of England harus mengatur ulang program yang dirancang untuk mendorong perbankan memberikan pinjaman murah pada usaha kecil, sebuah think tank yang diusulkan pada Jumat.
  • Negara-negara terkaya di Eropa berpotensi menghadapi peningkatan risiko kerusuhan sipil selama musim dingin, karena harga energi yang tinggi dan meningkatnya biaya hidup.
  • Pengusaha AS kemungkinan terus merekrut pekerja pada Agustus sembari menaikkan upah, yang dapat mendorong the Fed kembali menaikkan suku bunga 75 basis poin ketiga bulan ini.
  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan Misi IAEA atas pembangkit nuklir Zaporizhzhia masih berperan penting meski kesulitan bertemu karena kehadiran Rusia.
  • Kepala badan nuklir PBB mengatakan para ahlinya tetap bertahan setelah memasuki wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina dan mencapai pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.
  • Reserve Bank of Australia (RBA), masih menjadi salah satu bank sentral dalam siklus pengetatan kebijakan moneter global, setelah menaikkan suku bunga sebanyak 175 basis poin sejak Mei.
  • Data Statistik Korea menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 5,7% di Agustus dari tahun lalu setelah kenaikan 6,3% pada Juli, namun tekanan yang mendasarinya tetap ada.
  • Harga gas Eropa turun tajam pada hari Jumat ke level terendah dua minggu di tengah tanda-tanda Rusia akan melanjutkan aliran melalui pipa Nord Stream 1 ke Jerman mulai Sabtu.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.